Find Us On Social Media :

Live Streaming Booming, Jet Commerce Buka Fasilitas Ini di Jakarta

By Liana Threestayanti, Kamis, 21 Juli 2022 | 15:15 WIB

Tren penjualan via live streaming meningkat, Jet Commerce Indonesia meresmikan sebuah Jet Commerce Live Stream Center.

Tren penjualan via live streaming meningkat, Jet Commerce Indonesia meresmikan sebuah Jet Commerce Live Stream Center. Selain untuk para mitra brand-nya, fasilitas ini juga ditujukan mendukung pertumbuhan layanan live streaming yang ditawarkan Jet Commerce sejak tahun lalu. 

Fasilitas yang berlokasi di kawasan Pluit, Jakarta Utara ini, memiliki luas 515 meter persegi. Di dalamnya teradapat 14 studio live stream yang mengusung fasilitas lengkap, termasuk desain studio yang dapat disesuaikan dengan kategori produk dan identitas merek para mitra brand Jet Commerce. 

Di dalam setiap studio yang masing-masing berukuran sekitar 6 hingga 22 meter persegi ini, terdapat berbagai fasilitas penunjang live streaming, seperti perangkat OBS (Open Broadcaster Software) untuk meningkatkan kualitas video, lighting set yang lengkap, serta berbagai peralatan syuting lainnya. 

Direktur Marketing Jet Commerce Indonesia Agustina Putri Wijaya mengatakan bahwa pendirian fasilitas Live Stream Center ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan untuk selalu memberikan nilai tambah kepada mitra brandnya.

“Sebagai perusahaan jasa, Jet Commerce berkomitmen untuk selalu tanggap dalam beradaptasi dengan perubahan, salah satunya dengan berinovasi melalui peluncuran layanan live commerce yang sejalan dengan tren live shopping yang tengah berkembang pesat, serta mendirikan fasilitas Live Stream Center ini untuk mendukung pertumbuhan dan kualitas dari layanan baru kami,” jelas Agustina.

Live Streaming Makin Disukai

Live commerce sendiri merupakan aktivitas perdagangan yang menyiarkan produknya secara digital melalui video dan terhubung langsung dengan konsumen secara daring.

Aktivitas semacam ini dinilai Jet Commerce telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Laporan terbaru Statista mencatat adanya peningkatan rata-rata pembelian melalui kanal live streaming sebesar 76% di seluruh dunia, sejak awal pandemi hingga saat ini.

Tren perkembangan live commerce dan potensi dari kanal penjualan baru ini pun mendorong Jet Commerce Indonesia untuk meluncurkan unit bisnis terbaru Lumbalumba pada kuartal kedua tahun lalu. 

Pihak Jet Commerce Indonesia menjelaskan bahwa Lumbalumba menyediakan layanan live commerce secara menyeluruh untuk mitra brand Jet Commerce Indonesia, mulai dari live streaming, talent management termasuk menyediakan kreator konten atau influencer ternama, TikTok Shop Management, hingga content marketing. 

“Kami melihat peluncuran Lumbalumba sebagai unit bisnis terbaru kami yang menyediakan layanan live commerce ini, akan semakin memperkuat ekosistem e-commerce yang Jet Commerce miliki, di mana akan melengkapi solusi e-commerce end-to-end kami yang sebelumnya terdiri dari e-commerce operations, warehousing & fulfillment service, dan omnichannel system,” lanjut Agustina.

Sementara Elisa, Manager Live Streaming Jet Commerce Indonesia mengatakan tren live shopping digemari karena mampu menawarkan pengalaman belanja online yang menyenangkan melalui interaksi langsung dan nyata antara penjual dengan konsumen, serta membawa hiburan dan kesenangan bagi konsumen dari kesempatannya berinteraksi dengan influencer favoritnya.