Find Us On Social Media :

Instagram Hadirkan Fitur Baru Reels Templates dan Dual Camera

By Rafki Fachrizal, Jumat, 22 Juli 2022 | 21:45 WIB

Fitur Reels Templates dan Dual Camera di Instagram

Platform media sosial Instagram resmi meluncurkan fitur baru untuk Reels, yakni Reels Templates dan Dual Camera.

Fitur-fitur baru tersebut diluncurkan bersamaan dengan diumumkannya peleburan format video di Instagram menjadi Reels.

Seperti diketahui, sebelumnya Instagram memiliki tiga format video yang bisa diunggah penggunanya. Tiga format itu adalah video feed, IGTV, dan Reels, yang masing-masing memiliki limit durasi yang berbeda.

Video feed memiliki durasi 3-60 detik, IGTV berdurasi 15 detik-60 menit, dan Reels berdurasi 15-90 detik.

Dengan disatukannya semua format video tersebut menjadi Reels, diharapkan tampilan video di Instagram menjadi lebih sederhana dan mudah digunakan.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh CEO Instagram, Adam Mosseri, dalam sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya bernama @mosseri baru-baru ini.

"Jadi, hanya akan ada satu format video di Instagram, dan itu adalah Reels," kata Mosseri.

Perubahan format video ini sendiri akan diterapkan dalam beberapa minggu mendatang ke seluruh pengguna Instagram.

Setelah perubahan format video yang dijanjikan Instagram mulai berlaku, semua video yang lebih pendek dari 15 menit yang diunggah oleh akun “public” akan diubah menjadi video Reels.

Itu berarti pengguna Instagram lain di seluruh dunia dapat melihatnya di tab Reels mereka, terlepas dari apakah mereka menjadi follower akun yang bersangkutan atau tidak.

Berdasarkan konten, algoritme rekomendasi Instagram akan menampilkan video Reels sebuah akun kepada orang-orang yang mungkin menganggapnya menarik.

Namun, jika akun bersifat “pribadi”, video tidak akan diubah menjadi Reels dan hanya orang yang mengikuti yang akan melihatnya di linimasa mereka.

Instagram juga tidak akan mengubah video lama pengguna menjadi Reels. Sejauh ini, Instagram hanya mengubah video yang lebih pendek dari 90 detik menjadi Reels secara default.