Find Us On Social Media :

Marak Digitalisasi FSI, Alibaba Cloud Rilis Lima Layanan Baru

By Liana Threestayanti, Rabu, 27 Juli 2022 | 10:00 WIB

Alibaba Cloud menghadirkan beberapa layanan baru, khususnya bagi sektor jasa keuangan untuk mendorong migrasi ke cloud.

Ingin menjadi mesin digitalisasi bagi Indonesia, Alibaba Cloud menghadirkan beberapa layanan baru, khususnya bagi sektor jasa keuangan (Financial Services Industry/FSI), dan sejumlah program untuk mendorong migrasi ke cloud. 

Di ajang Financial Cloud Summit yang digelar hari ini (26/7) di Jakarta, perusahaan tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group ini meluncurkan lima layanan cloud baru, mulai dari Blockchain as a Service (BaaS) sampai layanan pesan singkat dan chat. 

Kelima layanan ini menyasar sektor keuangan di Indonesia dan bertujuan membantu bisnis di Indonesia menangkap peluang pertumbuhan dengan lebih baik dan tetap kompetitif di era digital pasar keuangan.

Apa saja layanan baru yang dirilis Alibaba Cloud hari ini?

Layanan pengujian aplikasi seluler berbasis cloud bertujuan membantu mendeteksi risiko tersembunyi di aplikasi secara cepat, seperti masalah kompatibilitas, fungsionalitas, dan kinerja. 

Layanan ini membekal teknologi machine learning sehingga dapat mengidentifikasi, menentukan, dan mengatasi masalah serta meningkatkan kinerja pengujian dengan cepat.

Layanan kedua yang ditawarkan adalah ApsaraDB for OceanBase, yaitu layanan relational database cloud native untuk skenario dengan throughput, konkurensi, dan ketersediaan tinggi.

Eggy Tanuwijaya, Head of Solution Architect Alibaba Cloud Indonesia, menjelaskan bahwa pada bulan Mei 2020, OceanBase mencetak rekor dunia untuk kinerja pemrosesan transaksi online, dengan 707 juta transaksi per menit dalam uji benchmark TPC-C.

Berikutnya ada solusi EKYC yang dapat melakukan pengecekan jarak jauh dan tanpa menggunakan kertas. Tujuannya adalah memverifikasi pengguna secara online kapan pun dan di mana pun. Solusi ini menjadi metode autentikasi yang lebih efisien dan akurat yang dapat digunakan oleh banyak lembaga keuangan. 

Layanan ini mencakup verifikasi dokumen, pengenalan karakter optik (OCR), dan deteksi keaktifan, fitur yang diperlukan untuk identifikasi dalam skenario seperti pekerjaan perbankan jarak jauh. 

Alibaba Cloud juga menawarkan Blockchain as a Service, yaitu layanan cloud blockchain yang aman, stabil, mudah digunakan, dan terbuka untuk membangun lingkungan blockchain yang aman dan stabil. 

Terakhir adalah ChatAPP dan layanan pesan singkat.  ChatAPP adalah layanan pesan API untuk perusahaan global yang bertujuan untuk menjangkau pengguna secara efisien. Layanan ini merupakan hasil kerja sama  Alibaba Cloud dan aplikasi chat, seperti WhatsApp, untuk menyediakan layanan API saluran pesan bagi bisnis.