Find Us On Social Media :

Bukan Lenovo, Apple dan Samsung Dominasi Pasar Tablet di Dunia

By Rizal, Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:00 WIB

iPad Pro

Berbeda dengan pasar smartphone yang dikuasai banyak pabrikan HP, pasar tablet di dunia hanya didominasi oleh Apple dan Samsung.

International Data Corporation (IDC) melaporkan pengiriman tablet di seluruh dunia mengalami peningkatan sekitar 0,15 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Apple merajai pasar tablet dengan pangsa pasar mencapai 31 persen meskipun pengirimannya mengalami penurunan sekitar 2,89 persen menjadi 12,6 juta unit yoy.

Samsung berada di urutan kedua dengan pangsa pasar mencapai 18,1 persen dengan pengiriman 7,3 juta unit.

Diposisi ketiga, ada Amazon yang mengirimkan perangkat tablet Kindle senilai 5,5 juta dan pertumbuhan 26,92 persen yoy seperti dikutip Gizmochina.

Di bawah Amazon, ada Lenovo yang puas berada di posisi keempat dengan penurunan pengiriman mencapai 25,67 persen YoY menjadi 3,5 juta unit.

Terakhir, ada Huawei yang mengirimkan tablet sebanyak 2,1 juta unit. Sementara itu tablet Xiaomi, Realme, Oppo, dan Vivo juga memberikan kontribusi positif di pasar tablet Android pada kuartal ketiga tahun ini.

Penguasa Komputer PC

Lenovo Legion Store di Atrium Mangga Dua Mall Jakarta yang resmi dibuka hari ini.

International Data Corporation (IDC) baru saja melaporkan pengiriman komputer PC dan laptop tanpa tablet di seluruh dunia pada kuartal II (Q2) 2022.

Pengiriman komputer PC dan laptop pada kuartal II-2022 turun 15,3 persen atau 71,3 juta unit dibanding periode yang sama tahun lalu.

Penurunan pengiriman PC itu disebakan kendala pasokan dan logistik akibat kebijakan lockdown di China.