Find Us On Social Media :

Samsung dan Apple Dominasi Pasar Smartphone Global Meski Melesu

By Rizal, Jumat, 5 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Samsung Galaxy S22 Ultra

Krisis ekonomi menyebabkan pengiriman smartphone di dunia menurun pada kuartal II 2022. Lembaga riset pasar Canalys mengungkapkan pengiriman smartphone di pasar global anjlok 287 juta unit selama April-Juni 2022.

Padahal, pengiriman smartphone global menyentuh 315 juta unit pada periode yang sama tahun 2021.

Samsung masih merajai pasar smartphone global pada kuartal II 2022. Disusul, Apple yang sukses menggeser Xiaomi di tempat kedua.

Perusahaan harus beradaptasi dan merencanakan strategi bisnis dengan tepat, termasuk langkah-langkah seperti penghematan ekstra, dan produk kompetitif yang diluncurkan pada paruh kedua.

Canalys memprediksi permintaan smartphone tetap lemah pada paruh kedua 2022 walaupun peluncuran dan penjualan festival mendatang.

Beberapa alasan utama adalah kondisi bisnis yang menantang dari dolar AS yang kuat, masalah geopolitik, perusahaan-perusahaan China mengalami masalah di pasar utama seperti India, dan inflasi yang tinggi di seluruh dunia.

Berikut lima vendor smartphone global untuk periode April-Juni 2022 adalah Samsung (21%), Apple (17%), Xiaomi (14%), Oppo (10%), dan Vivo (9%).

Rajai Pasar Tablet

iPad Pro

Berbeda dengan pasar smartphone yang dikuasai banyak pabrikan HP, pasar tablet di dunia hanya didominasi oleh Apple dan Samsung.

International Data Corporation (IDC) melaporkan pengiriman tablet di seluruh dunia mengalami peningkatan sekitar 0,15 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Apple merajai pasar tablet dengan pangsa pasar mencapai 31 persen meskipun pengirimannya mengalami penurunan sekitar 2,89 persen menjadi 12,6 juta unit yoy.