Find Us On Social Media :

Review OPPO Reno 7 Z 5G: Bisa Bikin Swafoto Jadi Lebih Keren

By Dayu Akbar, Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:45 WIB

OPPO Reno7 Z 5G hadir dengan fitur Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait pada kamera depannya. FItur ini bisa bikin swafoto jadi lebih keren.

Salah satu varian dari smartphone OPPO seri Reno7 adalah OPPO Reno7 Z 5G. OPPO sendiri punya varian lain yaitu OPPO Reno7 5G.  Secara spesifikasi, posisi OPPO Reno7 5G ada di atas OPPO Reno7 Z 5G.  Namun, secara umum, keduanya mirip dan bidik target yang sama, yaitu kawula muda yang hobi swafoto pada perangkat yang sudah mendukung jaringan 5G.

Mengenai jaringan 5G yang disematkan, OPPO Reno7 Z 5G bisa langsung digunakan tanpa harus melakukan update selama sudah berada di area cakupan 5G. Jaringan 5G yang didukungnya mencakup n1 (2.100 MHz), n3 (1.800 MHz), dan n40 (2.300 MHz). Artinya smartphone ini bisa digunakan pada jaringan tiga operator 5G di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata. Bahkan, dengan dukungan dual SIM 5G, dua slot kartu SIM-nya bisa digunakan secara bergantian untuk jaringan tersebut.

Sebagai daya tarik visual, OPPO Reno7 Z 5G mengusung desain dengan konsep Ultra-Slim Retro yang juga digunakan pada seri sebelumnya OPPO Reno6 5G. Desain ini menampilkan bagian belakang yang datar dengan tiap sudut membulat. Bodi belakangnya hadir dengan dua pilihan warna, yaitu hitam kosmik dan spektrum pelangi. Bagian ini menggunakan lapisan yang dibuat dengan proses LDI (Laser Direct Imaging).

Menggunakan bingkai samping datar dengan ujung membulat, OPPO Reno7 Z 5G mengusung Ultra-Slim Retro Design dengan bagian belakang yang dibuat memakai proses LDI (Laser Direct Imaging).

Proses ini menerapkan teknologi laser engraving pada lapisan yang terletak di atas OPPO Glow sehingga menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis dan diperkuat agar tahan terhadap goresan. Unit yang kami uji memiliki warna spektrum pelangi yang menurut kami terlihat lebih menarik karena menciptakan efek warna-warni prismatik saat dilihat dari sudut berbeda.

OPPO menempatkan tombol fisik power di sisi kanan, tombol volume di sisi kiri, dan slot kartu di sisi atas. Di sisi bawah terdapat jack audio 3,5 mm, porta USB Type-C, dan speaker mono.

Yang tidak kalah menarik dalam hal desain juga ada pada sisi kamera. Kamera belakangnya ada tiga dan tentu juga lensanya. Terdapat dua lensa berukuran besar untuk kamera utama dan kamera kedalaman, serta satu lensa berukuran kecil untuk kamera makro. Terdapat pula lampu kilat yang menyerupai lensa. Spesifikasi kamera belakangnya adalah kamera utama 64 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera kedalaman 2 MP untuk bokeh. OPPO tidak menyematkan kamera ultralebar.

Fitur Dual Orbit Lights hadir dengan tampilan lampu indikator di sisi lensa dua kamera sebagai penanda aktivitas tertentu, seperti saat pengisian baterai, notifikasi, dan panggilan telepon masuk.