Find Us On Social Media :

Canon Maxify MB5470: Multifungsi yang Ringkas untuk Kebutuhan Bisnis

By Dayu Akbar, Selasa, 8 Mei 2018 | 13:16 WIB

Canon menghadirkan pembaruan pada jajaran perangkat multifungsi bagi kebutuhan bisnis. Salah satunya melalui seri Maxify MB5470 yang memiliki fungsi lengkap sebagai printer, scanner, copier, serta  facsimile.

Keunggulan perangkat cetak berbasis inkjet adalah dukungan berbagai jenis kertas yang lebih beragam. Selain itu, menggunakan daya yang lebih sedikit dibandingkan yang berbasiskan laser. Sebagai perbandingan, konsumsi daya perangkat cetak laser bisa mencapai ratusan watt. Beda dengan yang berbasis inkjet yang hanya mencapai puluhan watt.

Untuk mencetak, perangkat ini menggunakan empat tinta warna yang terdiri dari black, cyan, yellow, dan magenta. Jika kapasitas standar dirasa kurang, Canon menyediakan tinta dengan ukuran XL yang mampu mencetak lebih banyak.

Selain flatbed, disertakan pula ADF (Auto Document Feeder) memiliki daya tampung kertas sampai lima puluh lembar yang bisa difungsikan untuk memindai, menggandakan, serta mengirim faksimile. Pada ADF telah disematkan teknologi Twin-scanning sensor atau sensor pemindai ganda sehingga mampu menghasilkan proses yang lebih cepat. Pasalnya dengan teknologi ini, scanner langsung memindai dua sisi secara bersamaan saat menggunakan mode duplex. Meski kebutuhan faksimile sudah mulai ditinggalkan, perangkat ini masih menyertakannya.

Dukungan cetak nirkabel berguna untuk menghubungkannya ke berbagai perangkat secara bersamaan, baik dari laptop, komputer dekstop, atau gadget. Ini termasuk fitur Wi-Fi Direct yang memungkinkan smartphone Android untuk mencetak secara langsung melalui aplikasi Canon Print Inkjet/Selphy. Fitur keamanan juga menjadi nilai lebih. Pengguna bisa memberikan perlindungan berupa password. Begitu pula fitur yang memungkinkan admin untuk memantau aktivitas pencetakan ketika digunakan sebagai perangkat cetak bersama dalam satu jaringan.

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, apa sih yang membedakannya dengan seri sebelumnya yaitu Maxify MB5370? Secara umum, MB5470 menambahkan fitur Wi-Fi Direct yang memudahkan mencetak langsung dari gadget berbasis Android dan iOS. Tidak heran jika kinerjanya pun mirip. Tidak hanya dari sisi kualitas cetak, penggandaan, dan pindai, tetapi juga dari sisi kecepatan. Meski sedikit lebih gesit, tetapi tidak terlalu signifikan.

Control panel menggunakan layar sentuh yang memudahkan pengguna untuk mengatur serta menjalankan beberapa fungsi tanpa bantuan komputer.

Hasil uji

Kecepatan print 5 halaman FPOT (1 halaman)
Teks mono (rtf) 20 detik 8 detik
Teks warna (rtf) 20 detik 12 detik
Teks+grafik (pdf) 35 detik 12 detik
Gambar A4 (jpg) 58 detik 18 detik
Kecepatan copy 5 halaman FPOT (1 halaman)
Teks mono (rtf) 19 detik 7 detik
Teks warna (rtf) 35 detik 10 detik
Teks+grafik (pdf) 41 detik 11 deti
Gambar A4 (jpg) 1 menit 5 detik 14 detik
Kecepatan scan Color Greyscale
Foto A4 (300 dpi) 10 detik 10 detik
Foto A4 (600 dpi) 26 detik 23 detik

Kesimpulan

Meski tidak banyak perbedaan dibanding seri sebelumnya, Canon Maxify MB5470 tetap menawarkan kinerja yang tinggi bagi kebutuhan bisnis. Menyertakan beragam fitur pendukung yang mumpuni, masih ditambah dengan fitur Wi-Fi Direct yang memudahkan cetak dan pindai dari perangkat gadget.

Plus: Hasil cetak bagus dan gesit, dukung kabel dan nirkabel, ada Wi-Fi Direct, control panel berupa layar sentuh warna, dukungan kapasitas kertas besar, dual sensor pada ADF, ada fitur keamanan, bisa pantau aktivitas perangkat, tersedia solusi paper jam.

Minus: Suara berisik, pencetakan warna membuat kertas melengkung.