Find Us On Social Media :

Android 13 Versi Final Resmi Meluncur, Ini Pembaruan Akhirnya

By Rizal, Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Android 13

Akhirnya, Google resmi meluncur Android 13 versi finalnya ke publik. Google Pixel akan menjadi HP Android pertama yang dapat merasakan sensasi Android 13 versi final tersebut. Bagi pengguna HP Android non-Pixel harus menunggu akhir tahun ini untuk dapat jatah update OS.

Lantas, apa saja fitur-fitur terbaru Android 13 versi final?

Desain Tampilan

Android 13 menawarkan banyak kustomisasi tampilan, pengaturan bahasa instan, dan peningkatan kontrol privasi. Kustomisasi Material You UI memungkinkan Anda mengganti tema dan warna aplikasi menyesuaikan tone warna wallpaper yang digunakan. Android 13 memungkinkan Anda memakai bahasa berbeda di aplikasi berbeda sehingga Anda dapat mengatur langsung di Pengaturan.

Android 13 juga menghadirkan pembaruan fitur Bed Time Mode. Tidak hanya panel notifikasi yang gelap, tapi wallpaper yang berwarna warni dapat digelapkan. Tingkatan gelap wallpaper dapat di-adjust hingga benar-benar hitam.

Pengguna juga dapat memindahkan berkas seperti gambar lebih mudah antar aplikasi. Semisal drag foto dari galeri ke email, memudahkan multitasking. Ini tak hanya berlaku pada gambar, tapi juga video, tautan, hingga teks.

Keamanan

Dari segi keamanan, pengguna tidak perlu memberi akses keseluruhan galeri kepada aplikasi ketika aplikasi meminta izin. Pengguna dapat memilih foto atau video tertentu yang dapat ‘dilihat’ oleh aplikasi.

Pengguna juga bisa memilih menerima notifikasi tertentu, tanpa harus ke pengaturan masing-masing aplikasi. Perangkat Android 13 akan menampilkan jenis-jenis notifikasi yang diminta. Anda bisa menyalakan atau mematikan satu persatu sesuai pilihan.

Google Pixel 7

Google Pixel 7 Pro

Google akan menyematkan sistem operasi Android terbarunya (OS) Android 13 ke flagship Pixel 7 dan Pixel 7 Pro.