Find Us On Social Media :

Contoh Artificial Intelligence untuk Writing Assistant, Tencent Kenalkan Effidit

By Liana Threestayanti, Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:42 WIB

Contoh artificial intelligence semakin jamak kita temukan di sekitar kita. Tim riset AI Tencent perkenalkan writing assistant Effidit.

Contoh artificial intelligence semakin jamak  kita temukan di sekitar kita, mulai dari penerapan praktis dalam keseharian kita sampai sistem yang kompleks di lingkungan enterprise. Tim riset AI Tencent memperkenalkan Effidit. 

Salah satu contoh artificial intelligence yang sering kita gunakan sehari-hari adalah digital writing assistant. Tool cerdas ini membekal teknologi artificial intelligence untuk membantu user menghasilkan teks berkualitas tinggi. 

Meski merupakan salah satu contoh artificial intelligence yang tergolong canggih, writing assistant yang ada saat ini umumnya memiliki keterbatasan dalam fungsi, seperti fungsi untuk memeriksa kesalahan pada tata bahasa dan ejaan, serta fungsi rewriting sederhana agar tulisan lebih jelas dan ringkas. 

Baca Juga: Apa itu Teknologi Artificial Intelligence?

Menjawab tantangan ini, tim riset Tencent AI Lab baru-baru ini memperkenalkan Efficient and Intelligent Editing (Effidit). Tool ini memanfaatkan model neural language berskala besar untuk menyediakan bantuan untuk menghasilkan tulisan atau teks berkualitas dalam Bahasa Inggris dan China.   

Dalam paper berjudul "Effidit: Your AI Writing Assistant", tim riset  Tencent mengungkapkan, ada lima area writing assistant yang ditingkatkan secara signifikan pada Effidit: text completion, error checking, text polishing, keywords to sentences (K2S), dan cloud input method (cloud IME).

Text completion

Di area ini, Effidit mendukung generation-based sentence completion, retrieval-based sentence completion, dan phrase completion. Kebanyakan writing assistant hanya mendukung satu atau dua fungsi. 

Error checking

Untuk memeriksa kesalahan dalam teks berbahasa Inggris, Effidit menawarkan fungsi-fungsi yang kurang lebih sama dengan sistem lainnya. Sementara pada fungsi koreksi kesalahan (error correction) pada teks berbahasa China, menurut hasil riset, Effidit memperlihatkan keunggulan pada ketiga cara koreksi, yaitu dengan word substitution, insertion, dan deletion.

Text polishing

Ada tiga fungsi yang didukung Effidit untuk membantu pengguna memoles/menghaluskan teks, yaitu menghaluskan frasa (context-aware), menulis ulang kalimat, dan memperluas kalimat. Writing assistant pada umumnya hanya mendukung satu atau dua fungsi.