Find Us On Social Media :

Mau Screenshot? Ini Tiga Cara Mengambil Screenshot pada Windows 10

By Cakrawala, Kamis, 25 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Kadang kala mengambil screenshot diperlukan. Berikut tiga cara mengambil screenshot pada Windows 10 tanpa aplikasi tambahan.

Kadang kala mengambil screenshot diperlukan, misalnya ketika Anda mengerjakan sesuatu di PC dan tiba-tiba muncul sesuatu yang tidak lazim pada tampilan layar PC tersebut. Begitu pula halnya pada PC dengan sistem operasi Microsoft Windows 10; kadang kala Anda juga perlu atau ingin mengambil screenshot. Nah, Windows 10 sendiri sudah mendukung pengambilan screenshot secara langsung tanpa bantuan aplikasi tambahan. Berikut InfoKomputer akan tunjukan tiga cara mengambil screenshot pada Windows 10 menggunakan fasilitas Windows 10 tersebut.

Sebenarnya, mengambil screenshot tanpa bantuan aplikasi tambahan juga sudah didukung oleh berbagai versi Windows sebelum Windows 10. Namun, sebagian dari Windows versi lawas itu tidak mendukung cara tertentu yang didukung Windows 10 dalam mengambil screenshot. Ketiga cara mengambil screenshot pada Windows 10 yang InfoKomputer akan tunjukkan pun sebagian tidak tersedia pada Windows versi lawas.

Memang menggunakan aplikasi tambahan yang ditujukan untuk mengambil screenshot pada Windows 10 bisa menawarkan kelebihan dibandingkan yang didukung secara langsung oleh Windows 10. Namun, tak jarang, tiga cara mengambil screenshot pada Windows 10 yang InfoKomputer akan tunjukkan sudah mencukupi untuk aneka keperluan. Berikut adalah ketiga cara yang dimaksud.

1. Menggunakan Print Screen

Cara mengambil screenshot pada Windows 10: menggunakan Print Screen.

Sudah tersedia sejak lama, mengambil screenshot pada Windows bisa dilakukan mengunakan tombol “Print Screen” atau “PrtScr” atau “PrtSc”. Begitu pula dengan Windows 10; Anda bisa mengambil screenshot pada Windows 10 dengan menekan tombol Print Screen atau PrtScr atau PrtSc — selanjutnya disebut dengan Print Screen saja — pada kibor.

Secara default menekan tombol Print Screen akan menangkap seluruh gambar yang sedang terlihat pada layar. Jika Anda ingin mengambil gambar dari jendela yang sedang aktif saja, Anda bisa menekan tombol “Alt” dan tombol Print Screen pada kibor secara bersamaan.

Namun, menekan tombol Print Screen baru menangkap tampilan saja dan belum menyimpannya ke berkas alias file. Setelah menekan tombol Print Screen, Anda harus menge-paste-nya ke aplikasi penyuntingan gambar atau sejenisnya, lalu menyimpan gambar yang dimaksud melalui aplikasi bersangkutan menjadi berkas. Pada Windows 10, Anda antara lain bisa menggunakan “Paint” yang merupakan aplikasi yang disertakan Windows 10. Jika menggunakan Paint, Anda tentunya bisa menyuntingnya terlebih dahulu sebelum menyimpannya menjadi berkas.