Find Us On Social Media :

Antisipasi Banjir Pesanan, Apple Produksi iPhone 14 Series di India

By Rizal, Rabu, 24 Agustus 2022 | 12:30 WIB

Bocoran spesifikasi iPhone 14 Pro

Apple Inc akan memproduksi iPhone 14 di India untuk meningkatkan penjualan dan sebagai antisipasi membludaknya pemesanan iPhone 14 series. Bloomberg mengungkapkan Apple telah bekerja sama dengan pemasok untuk meningkatkan produksi di India.

Rencananya, iPhone 14 pertama buatan dari India akan selesai pada akhir Oktober atau November, setelah peluncuran awal pada September.

Manufaktur utama iPhone 14 series Foxconn telah mempelajari proses pengiriman barang dari China dan merakit iPhone 14 di pabriknya di luar kota Chennai di India selatan.

Apple sedang mencari solusi terbaik untuk mengantisipasi perseteruan pemerintah Amerika Serikat dengan China serta lockdown di seluruh Negeri Tirai Bambu mengganggu produksinya. Sejauh ini, Apple telah mengalihkan beberapa area produksi iPhone dari China ke pasar lain, termasuk India yang merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia.

Bocoran Spesifikasi

Pabrikan semikonduktor terkemuka di dunia TSMC telah menerima pesanan produksi chipset canggih dengan fabrikasi 3nm dari Apple. Sayangnya, Apple tidak akan menyematkan chipset canggih 3nm itu ke HP flagship iPhone 14 series yang akan meluncur September.

Sebagai informasi, iPhone 14 series sendiri akan mengusung chipset A16 Bionic berbasis 4 nm untuk model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Sedangkan, varian dasar dan Max akan memakai chipset A15 Bionic berbasis 5 nm yang saat ini digunakan pada seri iPhone 13.

Ternyata, Apple memesan chip 3 nm terbaru itu untuk prosesor komputer PC M2 Pro. Sedangkan, iPhone dengan chip 3 nm pertama kali akan dipakai oleh iPhone 15 yang akan diluncurkan pada 2023 seperti dikutip Gizmochina.

Chipset 3nm milik TSMC itu menawarkan performa yang lebih dahsyat dan hemat energi karena memiliki jumlah transistor yang lebih tinggi. Menurut TSMC, chip FinFET 3 nm akan mengurangi konsumsi energi sebesar 35 hingga 30 persen sekaligus meningkatkan daya sebesar 10 hingga 15 persen dibandingkan dengan chip berbasis FinFET gen 5 nm sebelumnya.

Keunggulan Chipset A16 Bionic

Apple akan meluncurkan flagship iPhone 14 series pada September 2022 dengan beberapa pembaruan pada spesifikasinya.

Apple pun akan mengambil pendekatan bisnis berbeda dengan menyematkan chipset gahar A16 Bionic ke iPhone varian termahal yaitu iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.