Find Us On Social Media :

Smart City Kabupaten Rembang: Kunjungi Museum Kartini secara Virtual

By Wisnu Nugroho, Minggu, 28 Agustus 2022 | 15:03 WIB

Museum Kartini di Rembang menjadi saksi sejarah kegigihan RA Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan

Berbicara emansipasi wanita, satu tokoh yang terlintas di pikiran masyarakat Indonesia pastinya Raden Ayu Kartini. Kegigihan RA Kartini memperjuangkan hak wanita membuatnya menjadi Pahlawan Nasional sekaligus ikon perjuangan wanita Indonesia.

Nama harum RA Kartini ini pun menjadi kebanggaan daerah asalnya, Jepara dan Rembang. Kartini memang lahir di Jepara, namun ia juga pernah tinggal di Rembang setelah menikah. Bahkan di Kota Rembang, terdapat Museum Kartini Rembang yang merupakan tempat tinggal Raden Ayu Kartini bersama suaminya, K.R.M. Adipati Ario Djojoadhiningrat (yang kala itu merupakan Bupati Rembang).  

Museum Kartini Rembang ini dibangun pada tahun 1967, dan menampilkan benda-benda peninggalan RA Kartini saat tinggal di Rembang. Yang menarik, cerita benda bersejarah itu kini bisa Anda nikmati dari rumah.

Daya Tarik Museum Kartini Rembang

Museum Kartini Rembang ini memiliki daya tarik yang kuat bagi wisatawan karena memotret sejarah dan pengetahuan tentang perjalanan  hidup RA. Kartini. Misalkan, Bangunan pendopo  Museum Kartini, dulunya  pernah digunakan oleh RA. Kartini untuk mengajar anak gadis punggawa kabupaten. Selain itu di dalam Museum Kartini ini, terdapat juga kamar yang biasa digunakan oleh RA. 

“Biasanya waktu paling ramai mengunjungi tempat ini di Sabtu-Minggu. Biaya masuknya juga hanya Rp. 2000,“ ujar Ibu Sulis, selaku Kabid Kesenian dan Museum Kabupaten Rembang ini. Selain harga yang murah, ternyata museum ini memiliki inovasi yang tidak kalah dengan museum kota-kota besar lainnya. 

“Sekarang ini Museum Kartini Rembang dapat dinikmati melalui virtual tour 360. Pengunjung bisa melihat informasi dari setiap koleksi dari situ,” ungkap Gilang, salah satu pengurus dan pemandu Museum Kartini Rembang ini.  Cara akses untuk virtual tour 360 ini terbilang mudah. Kita hanya perlu masuk ke dalam museumkartinirembang.id, dan kita bisa memulai virtual tour untuk mengelilingi museum ini. 

Kini Anda dapat mengunjungi Museum Kartini secara virtual melalui https://museumkartinirembang.id/vtour/

Dengan bersemangat, Gilang menjelaskan ide virtual tour 360 untuk Museum Kartini ini. “Ide ini merupakan dari salah satu teman pengurus museum. Ketika beliau mendatangi beberapa museum di daerah lain, virtual tour 360 memberikan daya tarik tersendiri. Sehingga ide itu, kami upayakan dapat di lakukan juga di Museum Kartini ini,” kata Mas Gilang menjelaskan fitur yang baru dirilis Juli 2022 ini.

Virtual tour Museum Kartini adalah salah satu inovasi Pemerintah Kabupaten Rembang dalam memadukan kekayaan sejarah dengan perkembangan teknologi. Inovasi seperti ini diharapkan akan lebih banyak muncul setelah Kabupaten Rembang menjadi salah satu daerah yang terpilih mengikuti Gerakan Menuju Smart City 2022.

Pada gerakan ini, Pemerintah Kabupaten Rembang mendapat bimbingan dari tim ahli untuk menyusun rencana induk pembangunan berbasis smart city. Rencana induk ini diharapkan dapat mengangkat potensi Kabupaten Rembang dengan memanfaatkan teknologi digital. Harapan besarnya, Kabupaten Rembang akan menjadi rumah yang nyaman dan sejahtera bagi seluruh warganya. 

Dengan begitu, mimpi RA Kartini untuk meningkatkan kesejahteraan warga Rembang akan selangkah mendekati kenyataan.