Find Us On Social Media :

IBM Solutions Summit 2022: Menjadi Pemenang lewat Teknologi Digital

By Wisnu Nugroho, Jumat, 9 September 2022 | 11:09 WIB

Cin Cin Go (Technology and Country Leader, IBM Indonesia, tengah) didampingi (Akmal Kusumajaya, Head of Corporate IT Division PT. Astra Daihatsu Motor, kiri) dan Seno Hardijanto (CEO, Talian Infodinamika) saat hadir di acara IBM Solutions Summit 2022

IBM Indonesia kembali menyelenggarakan IBM Solutions Summit 2022, sebuah ajang yang mempertemukan pelanggan, mitra, dan seluruh ekosistem IBM Indonesia. Mengambil tema Leading in Changing World, IBM Solutions Summit 2022 kali ini menekankan semakin pentingnya peran teknologi digital dalam menjawab tantangan bisnis di masa depan.

Cin Cin Go (Technology and Country Leader, IBM Indonesia) menyebut transformasi digital kini menjadi sumber keunggulan sebuah organisasi. “Saat ini teknologi menjadi bagian fundamental dari setiap organisasi, dan setiap organisasi memiliki kebutuhan atas solusi teknologi yang unik,” ungkap Cin Cin Go. Karena itu, penting bagi setiap organisasi untuk dapat mendefinisikan tujuan bisnisnya, dan kemudian memilih teknologi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika itu berhasil dilakukan, organisasi dapat meningkatkan produksi, menurunkan biaya operasional, serta membuka lapangan pekerjaan baru.

Pemeliharaan Alat dengan IBM Maximo

Salah satu perusahaan yang berhasil meningkatkan efisiensi dengan digitalisasi adalah Astra Daihatsu Motor (ADM). Efisiensi diraih dengan mengembangkan program pemeliharaan aset menggunakan IBM Maximo. 

Dengan sistem ini, pemeliharaan aset dilakukan dengan sistematis, sehingga mengurangi pemeliharan tidak terencana yang berujung pada downtime. IBM Maximo juga dibekali teknologi Artificial Intelligence yang dapat memprediksi jika terjadi anomali pada mesin produk. Dengan semua kelebihan tersebut, ADM dapat mengurangi risiko kegagalan sampai 1%.

“Pengelolaan manajemen aset secara digital mampu mengurangi biaya produksi dan angka downtime, sehingga meningkatkan revenue perusahaan secara keseluruhan,” ungkap Akmal Kusumajaya, Head of Corporate IT Division PT. Astra Daihatsu Motor dan CIO Astra Mobil 3 Group.

Untuk implementasi IBM Maximo ini, ADM dibantu oleh Talian Infodinamika, salah satu mitra IBM Indonesia. “Dengan menggunakan IBM Maximo, ADM dapat menggunakan platform manajemen aset terintegrasi penuh yang menggunakan alat analitik dan data berbasis IoT untuk meningkatkan performa operasional, dan mengoptimalkan sumber daya yang ada” ungkap Seno Hardijanto, CEO, Talian Infodinamika.

Peran Cloud dan AI

Melangkah ke depan, IBM melihat teknologi hybrid cloud dan Artificial Intelligence akan menjadi dua teknologi dominan dalam mendorong transformasi digital. Keyakinan ini didasari survei IBM Institute of Business Value yang menemukan 88% CEO di Indonesia percaya teknologi cloud berperan besar untuk mencapai business agility. Sementara 42% CEO mengakui teknologi Artificial Intelligence memberikan manfaat bagi bisnis mereka. 

Hal inilah yang membuat IBM Indonesia yakin dapat menjadi mitra penting bagi perusahaan Indonesia dalam melakukan transformasi digital. Dengan bergabungnya Red Hat dengan IBM, misalnya, perusahaan kini dapat membangun aplikasi yang dapat berpindah dari on-premise ke cloud (atau sebaliknya) dengan mudah. Sedangkan di sektor Artificial Intelligence, IBM sudah sejak lama mengembangkan sistem deep learning seperti IBM Watson yang dapat membantu perusahaan menemukan insight dari data yang mereka miliki.

“Kami melihat momentum yang luar biasa dimana IBM bersama ekosistem mitra kami dapat menjadi bagian dari perjalanan transformasi digital bagi bisnis di Indonesia. Kami berkomitmen memberikan solusi teknologi terbaik untuk membantu pelaku bisnis untuk menjawab tantangan di era digital ekonomi,” ungkap Cin Cin Go.