Find Us On Social Media :

Sudah Terdaftar PSE, Data Center ID1 InfoBip Resmi Meluncur

By Rafki Fachrizal, Kamis, 15 September 2022 | 14:45 WIB

Peluncuran Data Center InfoBip yang bernama ID1.

Pada akhir Agustus lalu, InfoBip telah meluncurkan layanan data center (pusat data) di tanah air yang bernama ID1.

Berlokasi di Jawa Barat, data center ID pun diklaim sudah terdaftar PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) di Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) dan memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

PSE sendiri adalah istilah yang digunakan oleh Kemkominfo untuk menyebut pihak ketiga yang menyelenggarakan sistem elektronik di Indonesia.

“Kami sadar betul bahwa keamanan data pelanggan merupakan sebuah keutamaan, maka dari itu mematuhi regulasi dan kebijakan elektronik di Indonesia merupakan sebuah keharusan”, ujar Rifa Haryadi, Country Manager Infobip Indonesia.

Data center ID1 hadir sebagai upaya Infobip dalam meningkatkan nilai tambah layanan serta membangun pengalaman terhubung di semua tahap perjalanan pelanggan di tanah air.

Meluncurnya data center ID1 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan layanan CPaaS dan SaaS milik Infobip, mulai dari layanan suara, email, SMS dan chat hingga produk as a service, seperti Conversations (Contact Center as a Service), Moments (Marketing Automation), Answers (Chatbot), dan Customer Data Platform (CDP) yang akan memberikan manfaat layanan pelanggan yang menyeluruh bagi pelanggan dari berbagai industri.

Selain mendirikan pusat data ID1, di sisi lain Infobip mempunyai rencana jangka pendek dalam pengembangan bisnis dan operasional di Indonesia.

“Ke depannya, kami berkeinginan untuk melakukan ekspansi bisnis dengan menambah jumlah klien maupun rekan bisnis di Indonesia, kami pun berencana untuk menambah SDM lokal sebagai strategi dalam memperlebar sayap usaha” ujar VP Revenue APAC of Infobip, Ante Pamukovic.

Baca Juga: Infobip Mudahkan Bisnis Merespons Pesan Instagram dari Konsumen

Baca Juga: Data Center Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia Resmi Beroperasi