Find Us On Social Media :

Apa Itu Solusi IT Monitoring? Dan Mengapa Penting Diadopsi Perusahaan?

By Rafki Fachrizal, Kamis, 15 September 2022 | 18:20 WIB

Apa Itu IT Monitoring? Ini Penjelasannya.

Di era transformasi digital seperti saat ini, perusahaan/organisasi terus berlomba-lomba untuk mengakselerasi bisnisnya agar dapat lebih maju dan bersaing dengan kompetitor. Tentunya penggunaan teknologi terkini, seperti cloud computing dan IoT (Internet of Things), menjadi kunci utama bagi perusahaan di era transformasi digital.

Ketika mengadopsi teknologi terkini, monitoring alias pemantauan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan perusahaan. Nah, solusi untuk monitoring terkait teknologi di perusahaan sendiri biasa disebut dengan IT (Information Technology) Monitoring. Lantas, apa itu IT Monitoring?

IT Monitoring adalah pemantauan ketersediaan dan kinerja di lingkungan IT. IT Monitoring menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti “Apakah server saya online?”, “Apakah data di jaringan saya sampai ke tempat yang seharusnya tepat waktu?” atau “Apakah firewall saya bekerja dengan andal?”.

Fungsi dasar dari IT Monitoring dapat dibagi menjadi empat tugas, yakni memperoleh data ketersediaan dan kinerja komponen IT, menyimpan data tersebut, memberi informasi dan peringatan berdasarkan ambang batas yang ditentukan, serta menghasilkan laporan terkait data tersebut.

Tentunya, terdapat banyak tugas tingkat lanjut pada area IT Monitoring. Salah satunya, termasuk menentukan akar penyebab masalah yang teridentifikasi (analisis akar masalah) atau mengenali tren dan membuat prediksi berdasarkan tren-tren tersebut.

Selain itu, tugas ini juga termasuk aspek keamanan seperti monitoring fungsi firewall atau pemindai virus, atau mengenali perilaku yang tidak biasa pada jaringan, yang disebut deteksi intrusi.

Terkait dengan solusi IT Monitoring, salah satu penyedia solusi ini yang populer yaitu Paessler. Beberapa waktu lalu, InfoKomputer pun berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Sebastian Krueger selaku Vice President for Asia Pacific, Paessler. Berikut ini hasil wawancaranya.

1. Mengapa solusi IT Monitoring penting diadopsi oleh sebuah perusahaan?

2. Apa keuntungan yang didapat perusahaan dari segi biaya, efisiensi dan proses bisnis secara keseluruhan ketika menggunakan solusi IT Monitoring?

3. Peran apa yang dimainkan solusi IT Monitoring dalam membantu perusahaan meningkatkan skala bisnis dan mempertahankan upaya digitalisasi mereka?

4. Bagaimana solusi IT Monitoring dapat menghemat waktu departemen TI agar dapat fokus pada inisiatif bisnis strategis dan mempersiapkan perusahaan untuk masa depan cloud-first?

5. Misalnya, jika sebuah perusahaan sudah menerapkan sistemnya berbasis cloud secara 100%, bagaimana terkait dengan IT Monitoring-nya untuk seperti ini? Apa saja yang perlu di monitor?

6. Bila sebuah perusahaan yang menggunakan solusi cloud dari beberapa vendor, atau sistemnya yang masih sebagian di cloud dan sebagian lagi di on-premise, apakah kompatibilitas layanan solusi monitoring IT untuk hal seperti itu?