Find Us On Social Media :

Ketika Contoh Artificial Intelligence Bisa Pilihkan Pasangan Kencan

By Liana Threestayanti, Kamis, 15 September 2022 | 17:42 WIB

Jika ada contoh artificial intelligence berupa aplikasi kencan (dating), akankah Anda mempercayainya untuk memilihkan teman kencan untuk Anda?

Jika ada contoh artificial intelligence berupa aplikasi kencan (dating), akankah Anda mempercayainya untuk memilihkan teman kencan untuk Anda?

Dengan semakin banyaknya contoh artificial intelligence di berbagai bidang, kecerdasan buatan di ranah kencan online pun akan menjadi keniscayaan.

Bukan sekadar ikut-ikutan, para penyedia layanan kencan online, baik berupa aplikasi maupun situs web membutuhkan contoh artificial intelligence guna membangun ruang virtual yang aman bagi para pengguna layanan.

Baca juga: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence

Seperti kita ketahui, layanan kencan online termasuk salah satu industri yang justru tumbuh saat pandemi merebak dan sebagian besar industri lainnya terpaksa tiarap. Saat ini ada lebih dari 1500 aplikasi dan situs kencan online di dunia. Sementara Statista memperkirakan jumlah penggunanya akan mencapai 276,9 juta user di tahun 2024. 

Namun di sisi lain, layanan kencan online juga menjadi lahan yang subur bagi pelecehan dan perundungan virtual. Dari studi yang dilakukan oleh Pew Research Center, sebanyak 57% perempuan pengguna layanan ini dikirimi foto atau pesan seksual yang eksplisit yang tidak mereka minta. 

Sementara itu, 35% pengguna aplikasi kencan online mengaku pernah dipanggil dengan nama-nama yang menyinggung. Dan sebanyak 10% pernah diancam dengan kekerasan fisik.

Di sinilah artificial intelligence (AI) bisa memainkan peran. Namun, kembali lagi ke pertanyaan awal, akankah Anda akan mempercayai AI untuk memilihkan teman kencan?

Untuk mencari tahu jawabannya, penyedia platform customer service, Tidio bersama Content Specialist Kazimierz  melakukan survei terhadap 1.191 responden. Dan inilah temuan dari survei tersebut yang dituangkan dalam sebuah laporan berjudul “Love in the Age of AI Dating Apps.”

Baca juga: Contoh Artificial Intelligence di Bidang Konstruksi Bantu Kembangkan Potensi

Ini yang Dicari di Aplikasi

Hampir separuh (47%) responden akan menggunakan aplikasi kencan berbasis AI untuk menemukan pasangan untuk jangka panjang. Sementara 33% responden akan memanfaatkannya untuk mencari teman.