Find Us On Social Media :

Microsoft Surface Pro 9 dan Surface Laptop 5 Meluncur 12 Oktober

By Rizal, Kamis, 22 September 2022 | 15:30 WIB

Microsoft Surface Laptop Studio

Microsoft akan menggelar acara "Microsoft Fall 2022 Event" pada 12 Oktober, pukul 10.00 ET.

Microsoft sudah menyebarkan undangan yang mencakup gambar seperti wallpaper dengan cat air dan "simpan tanggalnya" yang ditulis dengan yang diprediksi sebagai Surface Pen.

Dalam kesempatan itu, Microsoft akan memperkenalkan Surface Pro 9 dan Surface Laptop 5 seperti dikutip The Verge.

Microsoft akan menawarkan laptop Surface Pro 9 dengan opsi prosesor Arm atau Intel sekaligus mengakhiri lini Surface Pro X. Laptop itu juga hadir dengan pilihan warna hijau dan biru muda.

Microsoft belum mengadakan acara Surface secara langsung sejak pandemi dan sepertinya acara ini juga hanya online.

Laptop SE

Surface Laptop SE juga menyasar segmen pendidikan, mencakup guru, pelajar, hingga admin IT sekolah di jenjang pendidikan sekolah dasar hingga menengah pertama.

"Kami mendengar para pendidik bahwa mereka butuh opsi yang lebih sederhana, aman, dan bisa mendukung perangkat yang lebih murah," kata Paige Johnson, Wakil Presiden untuk Education Marketing Microsoft, dirangkum dari blog Windows seperti dikutip The Verge.

Surface Laptop SE memiliki bodi plastik dan layar 11,6 inci dengan resolusi 1.366 x 768 dan rasio aspek 16:9. Laptop itu mengusung prosesor Intel Celeron N4020 atau N4120, RAM 4 GB atau 8 GB, serta penyimpanan eMMC sebesar 64 GB atau 128 GB.

Laptop itu memiliki kamera 1-megapiksel dengan resolusi 720p dan beberapa port, di antaranya USB-A, USB-C, serta barel konektor DC, dan headphone jack 3,5 mm.

Surface Laptop SE memiliki baut standar, sehingga admin IT bisa mengganti layar, baterai, keyboard bahkan motherboard.

Microsoft akan menjual suku cadang Surface Laptop SE melalui layanan provider resmi sehingga pihak sekolah bisa mengganti komponen di tempat tanpa harus mengirim perangkat apabila ingin diservis.