Find Us On Social Media :

The Trade Desk: 2 dari 3 Orang Indonesia Bakal Nonton FIFA World Cup

By Rafki Fachrizal, Jumat, 23 September 2022 | 14:25 WIB

Piala Dunia

Menurut riset terbaru The Trade Desk dan YouGov, dua dari tiga orang Indonesia – sekitar 180 juta orang – berencana untuk menonton dan mengikuti FIFA World Cup 2022.

Di tengah perkembangan konten yang pesat dan kemudahan menyaksikannya di beberapa perangkat, cara penggemar di Indonesia menikmati turnamen sepak bola terbesar di dunia ini telah berganti.

Studi ini menemukan bahwa satu dari tiga orang Indonesia berencana untuk menggunakan platform over-the-top (OTT) untuk menyaksikan turnamen tersebut.

Hal ini menandakan perubahan perilaku penggemar olahraga karena tumbuh pesatnya saluran OTT dan connected TV (CTV) di open internet (internet terbuka).

Kesempatan meraih audiens olahraga yang aktif selama puncak musim belanja

Dibandingkan dengan 2018, acara sepak bola global tahun ini akan menarik minat 24 juta lebih banyak orang Indonesia.

Peningkatan antisipasi penonton sebesar 9 persen ini merepresentasikan kesempatan berharga bagi pengiklan.

Menurut studi tersebut, hampir delapan dari 10 (78 persen) orang Indonesia adalah penggemar sepak bola yang aktif, di mana mereka mengikuti berita dan acara sepak bola setiap seminggu sekali atau lebih.

Pelaksanaan turnamen sepak bola global yang siap berlangsung antara 20 November hingga 18 Desember ini bertepatan dengan musim belanja akhir tahun di Indonesia.

Momentum ini menjadi sebuah kesempatan unik bagi brand untuk memanfaatkan antusiasme penggemar sepak bola pada puncak musim belanja di Indonesia tersebut.

“World Cup tahun ini bukan hanya sebuah perhelatan olahraga yang ikonik. Acara ini menyediakan momentum bagi brand untuk terhubung dengan audiens yang sangat aktif,” kata Purnomo Kristanto, General Manager, The Trade Desk.

“Studi ini menggarisbawahi kesempatan emas yang dimiliki pengiklan untuk menciptakan sinergi antara musim belanja tahunan dan turnamen sepak bola global tersebut untuk memaksimalkan dampak kampanye mereka,” sambungnya.

Streaming menjadi saluran olahraga yang penting bagi orang Indonesia, terutama penggemar muda