Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud Rilis Roadmap Strategis untuk Bisnis Internasional

By Rafki Fachrizal, Jumat, 23 September 2022 | 17:15 WIB

Selina Yuan, Alibaba Cloud Intelligence International President.

Alibaba Cloud memperkenalkan roadmap (peta jalan) strategis global perusahaan pada Alibaba Cloud Summit 2022.

Selama tiga hari acara Summit, Alibaba Cloud memperkenalkan beragam produk baru guna mendukung inovasi teknologi antar perusahaan, investasi senilai USD1 miliar untuk peningkatan ekosistem mitra global, serta peningkatan layanan pelanggan guna memberi dukungan komprehensif selama proses digitalisasi pelanggan.

Inovasi teknologi yang mendorong pesatnya pertumbuhan penggunaan cloud

Dengan semakin banyak perusahaan yang beralih ke cloud dan peningkatan permintaan akan layanan cloud di lingkungan hybrid, Alibaba Cloud telah menyediakan secara global serangkaian produk infrastrukturnya, seperti database cloud-native multi-model dan layanan cloud terdistribusi.

Rangkaian produk baru ini dihadirkan untuk memberikan pelanggan perusahaan cakupan layanan cloud yang lebih luas yang meliputi jaringan, penyimpanan, dan komputasi.

Cloud Enterprise Network (CEN) 2.0, jaringan layanan yang baru saja diluncurkan, menyediakan jaringan inteligensi skala global guna mendukung ekspansi perusahaan ke pasar dunia.

CEN 2.0 mendukung kapabilitas jaringan berskala sangat besar (ultra-large-scale) dengan jumlah ketersediaan yang besar, latensi yang lebih rendah, peningkatkan kapasitas keamanan dan fleksibilitas dalam opsi harga untuk perusahaan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Alibaba Cloud juga telah meluncurkan produk penyimpanan yang disebut ESSD Auto PL, yang menyediakan layanan penyimpanan berbasis blok dan mendukung otomatisasi penskalaan bagi bisnis untuk menangani lonjakan traffic dalam hitungan detik.

Sebagai salah satu produk elastic bloc storage  terkemuka di dunia dengan fungsi penskalaan otomatis, produk ini menawarkan hingga satu juta IOPS (operasi input/output per detik), jauh lebih tinggi daripada rata-rata industri.

Lindorm, database cloud-native dengan multi-model yang dikembangkan oleh Alibaba Cloud, terbukti sukses mendukung festival belanja global terbesar Alibaba Group 11.11 tahun lalu.

Dirancang untuk berbagai kebutuhan pemrosesan seperti wide table, time-series, space-time dan penggunaan data yang tidak terstruktur,

Lindorm juga telah berhasil mendukung beragam pelanggan di berbagai industri di China seperti otomotif, keuangan dan manufaktur – berkat ketersediaan tinggi serta biaya penyimpanan yang rendah.

Alibaba Cloud juga memperkenalkan ACK One (Platform Alibaba Cloud untuk Kontainer Cloud yang Terdistribusi), platform manajemen kontainer multi-region dan multi-cluster yang dapat menghadirkan konsistensi pengalaman pada manajemen implementasi dan operasional di perusahaan.