Find Us On Social Media :

Inilah Cara Mem-backup Dokumen di Windows 10 Menggunakan File History

By Cakrawala, Minggu, 25 September 2022 | 14:30 WIB

Inilah cara mem-backup dokumen di Windows 10 menggunakan File History. Cara ini misalnya bisa untuk mem-backup dokumen di folder Documents secara berkala.

Beberapa waktu lalu, seperti yang dituliskan di sini, InfoKomputer telah membagikan cara membuat backup Windows 10 dengan ringkas memanfaatkan system image. Dengan system image, Anda bisa mengembalikan Windows 10 yang dimaksud secara keseluruhan sesuai dengan saat system image tersebut dibuat. Namun, jika Anda hanya ingin membuat backup secara berkala dari dokumen Anda yang berada di folder Documents Windows 10 misalnya, Anda bisa menggunakan fitur File History. Berikut InfoKomputer akan tampilkan cara mem-backup dokumen di Windows 10 menggunakan File History tersebut.

Berhubung dilakukan berkala secara otomatis, File History akan menghasilkan sejumlah backup. Masing-masing backup akan mengandung berbagai berkas alias berbagai file yang tidak mesti sama, bergantung dari berkas yang ada saat backup dilakukan. Hal tersebut antara lain membuat Anda nantinya bisa mengembalikan tidak sekadar berkas yang di-backup melainkan berbagai versi berkas itu. Pada cara mem-backup dokumen di Windows 10 menggunakan File History yang InfoKomputer bagikan, akan ditunjukkan juga cara memilih interval dilakukannya backup.

Dengan File History, bila ada masalah terhadap suatu dokumen Microsoft Word di folder Documents Windows 10 contohnya, Anda bisa mengembalikan yang versi tanggal A, versi tanggal B, versi tanggal C, dan seterusnya. Namun, terus menyimpan berbagai versi backup yang terus bertambah tentunya akan memenuhi media simpan tempat backup tersebut disimpan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih interval yang paling tepat menurut Anda, begitu pula lokasi dan media simpan yang digunakan untuk penyimpanan. Berikut adalah cara mem-backup dokumen di Windows 10 menggunakan File History yang dimaksud.

Oh ya, secara default, File History di Windows 10 akan mem-backup Libraries, Desktop, Contacts, dan Favorites. Anda bisa mengecualikan folder yang tidak ingin di-backup maupun menambah folder lain. Anda misalnya bisa mengecualikan folder Pictures dan Downloads yang berisikan banyak berkas untuk menghemat ruang penyimpanan backup yang diperlukan. Satu lagi, pada cara mem-backup dokumen di Windows 10 menggunakan File History yang dibagikan, media simpan untuk menyimpan backup yang dibuat adalah media simpan eksternal. Selama media simpan bersangkutan terhubung ke PC Windows 10 yang di-backup dan ruang simpan yang tersedia mencukupi, File History sewajarnya akan terus bekerja.

1. Klik [Start] > [Settings] > [Update & Security] > [Backup] > [Add a Drive (pada Back up using File History)].

Cara Mem-backup Dokumen di Windows 10 Menggunakan File History: klik [Start] > [Settings] > [Update & Security] > [Backup] > [Add a Drive (pada Back up using File History)].

2. Pada pilihan media simpan yang muncul, pilih media simpan yang ingin dijadikan tempat penyimpanan backup memanfaatkan File History. InfoKomputer memilih media simpan eksternal.

Cara Mem-backup Dokumen di Windows 10 Menggunakan File History: pilih media simpan yang ingin dijadikan tempat penyimpanan backup memanfaatkan File History.

3. Klik [More options (pada Back up using File History)] untuk masuk ke jendela pengaturan File History lebih lanjut.

Cara Mem-backup Dokumen di Windows 10 Menggunakan File History: klik [More options (pada Back up using File History)] untuk masuk ke jendela pengaturan File History lebih lanjut.