Find Us On Social Media :

Cara Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Via Lalamove API Solution

By Rizal, Kamis, 29 September 2022 | 12:00 WIB

Lalamove

Kemajuan teknologi menciptakan budaya baru dalam masyarakat, salah satunya adalah belanja online. Sehingga bagi kamu yang menggeluti bisnis online maka telah berada di jalur yang benar. Sehingga kamu hanya memikirkan bagaimana meningkatkan penjualannya.

Bisnis online melalui situs e-commerce bukan lagi hal baru. Orang-orang juga akrab dengan belanja online. Besarnya minat masyarakat terhadap bisnis online memaksa para pemilik bisnis online untuk terus berinovasi meningkatkan produktivitasnya. 

Salah satunya dengan mengintegrasikan website e-commerce dengan layanan pengiriman barang seperti Lalamove menyediakan fitur integrasi API Lalamove dengan e-commerce sehingga mempermudah bisnis online untuk meningkatkan penjualan.

Pengertian Bisnis Online 

 Seperti namanya, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan di Internet. Artinya kegiatan bisnis seperti jual beli, pelayanan pelanggan, belanja dan lainnya dilakukan secara online. Menariknya, kamu bisa menjual berbagai produk melalui bisnis online. 

Dari barang, jasa, produk digital. Sebenarnya, tidak ada batasan dari mana produk tersebut dapat digunakan. Karena pembeli bisa datang dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri. Jadi, dengan bisnis online, kamu tidak perlu membuka toko atau berbisnis seperti bisnis offline. 

Cukup dengan membuat website toko online dan media sosial maka kamu dapat mengelola bisnis dari rumah atau di mana pun. Karena itu, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai bisnis 

Ada 3 jenis bisnis online berdasarkan platform yang digunakan, diantaranya adalah :

1. Bisnis online di website 

Jenis bisnis online yang pertama adalah bisnis online dan website. Bisnis online ini mengandalkan website sebagai point of sale. Ya, seperti toko, tapi versi online. Artinya pengunjung dapat melihat informasi produk langsung dari website, melakukan transaksi, menghubungi penjual, dan lainnya.

Bisnis online melalui website menjadi primadona di kalangan pengusaha lho. Karena website memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis bisnis online lainnya. Dari branding yang lebih baik, pemasaran yang lebih luas, kebebasan desain, dll. contoh situs e-commerce 

2. Bisnis online di jejaring sosial 

Awalnya, media sosial digunakan sebagai sarana komunikasi. Namun, saat ini, media sosial juga digunakan untuk bisnis online. Kamu pasti sudah sering melihat berbagai akun yang mempromosikan produknya di sosmedia kamu.

Nah, alasan utama mengapa bisnis online begitu populer adalah karena mudah untuk memulainya. Kamu dapat menggunakan akun pribadi yang ada dan mulai menjual segera. Namun, akan lebih baik menggunakan akun bisnis karena ada fitur untuk mendukung bisnis online. 

Sayangnya, di balik semua kebaikan tersebut, e-commerce dan jejaring sosial juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah kontrol desain yang terbatas. Misalnya, toko online akan terlihat seperti akun pribadi lainnya. Tentu saja, untuk sebuah bisnis, penting untuk menonjol, terutama jika memiliki banyak pesaing. 

3. Bisnis online di Marketplace 

Marketplace adalah tempat dimana penjual dan pembeli berinteraksi secara online. Dengan kata lain, pemasaran internet. Beberapa contoh marketplace di Indonesia yang wajib Anda kenal antara lain Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. 

Memulai bisnis dan pemasaran online populer karena mudah dan gratis. Kamu tinggal memilih tempat penjualan, membuat akun, menambahkan produk, dan menunggu pembeli menyelesaikan transaksi. Selain itu, berbagai kategori produk juga ditawarkan di pasar. 

Dari produk fisik seperti pakaian, elektronik, makanan dan minuman, hingga produk jasa seperti travel agent dan wedding planner. Namun, kamu harus sangat sabar ketika memutuskan untuk memasuki jenis bisnis online ini. 

Integrasi API Lalamove 

Koneksi API Lalamove memungkinkan website e-commerce terhubung langsung ke sistem Lalamove sehingga proses pengiriman dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu input manual pada aplikasi Lalamove.

Integrasi API Lalamove dapat menjadi solusi pengiriman bisnis online yang efektif dan efisien. Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan mitra bisnis Lalamove, Lalamove membantu setiap pelanggan untuk membuat bisnis berjalan baik.

Fitur ini dapat membantu mitra pemasaran untuk mengirimkan produk dan barang dagangan mereka lebih cepat. Dengan efisiensi Lalamove, mitra bisnis dapat mengurangi biaya dan mengurangi hambatan perangkat keras untuk membantu mereka memenangkan persaingan bisnis. 

Apa itu API dan Integrasi API? 

API adalah singkatan dari Application Programming Interface. API adalah cara bagi situs web dan aplikasi untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. API adalah komunikasi antara dua situs web dan aplikasi yang berbeda. Sementara itu, integrasi API terjadi ketika dua situs web terhubung satu sama lain. 

API aktif 

Contoh cara kerja API dapat dilihat seperti pramuniaga pada restoran. Pramuniaga merupakan orang yang berinteraksi antara tamu dan koki yang memasak di dapur. Pelayan membawa pesanan dari menu ke koki dan akan kembali membawakan hidangan yang diinginkan. API adalah koneksi fungsional untuk dua sistem yang berbeda. 

Layanan API Lalamove dan manfaatnya untuk bisnis online 

Lalamove berusaha untuk menjadi one-stop-shop untuk solusi pengiriman sesuai permintaan, tidak hanya menyediakan solusi pengiriman bisnis, tetapi juga dukungan teknis untuk membuat bisnis lebih efisien dan efektif. 

API Lalamove memfasilitasi kamu untuk menghubungkan antara bisnis online dengan pengiriman secara otomatis, sehingga tidak dilakukan secara manual lagi. Oleh karena itu, bisnis online dapat menghemat banyak waktu dan pelanggan puas karena proses pengiriman yang cepat. 

Perusahaan mana yang cocok menggunakan Lalamover API? 

Integrasi API Lalamove didedikasikan untuk meningkatkan solusi pengiriman bisnis online kamu. Bisnis apakah yang cocok?

Pertama, periksa kriteria di bawah ini apakah bisnis kamu sudah siap dan mampu berintegrasi dengan Lalamove API. 

Pastikan bisnis kamu memiliki situs website toko online dan bukan bagian dari marketplace. Memiliki website sendiri berarti pengusaha dapat mengontrol websitenya sendiri, termasuk dalam hal integrasi API. 

Bisnis kamu harus memiliki banyak pesanan per hari, jadi penting untuk mengotomatiskan proses pengiriman melalui integrasi API. 

Integrasi API, terutama untuk pengiriman otomatis, akan sangat berguna untuk jenis barang yang perlu dikirim secepat mungkin, seperti bisnis makanan, minuman puding, dan berbagai makanan penutup. 

Manfaat Integrasi API Lalamove

Jika bisnis online kamu memenuhi satu atau lebih kriteria di atas, saatnya menjadi Mitra API Lalamove. Apa keuntungan dari mitra API Lalamover?

Gratis 

Tautan API Lalamove dapat diakses di situs web e-commerce gratis. Tidak ada biaya setup, biaya berlangganan, belum lagi biaya layanan dan pemeliharaan. 

Integrasi mudah 

Proses integrasi Lalamove API sangat sederhana. Tidak perlu pengaturan kontrak yang rumit seperti menandatangani perjanjian NDA. Tidak ada User Acceptance Test (UAT) dan kunci API dapat diperoleh dengan mudah dari partnerpportal.lalamove.com. 

Dukungan teknis penuh 

Lalamove menyediakan dukungan teknis yang komprehensif dan dokumentasi API yang komprehensif untuk proses integrasi yang lancar melalui development.lalamove.com. 

Terhubung dengan baik 

Integrasi API Lalamove telah diakui sebagai solusi pengiriman untuk klien terkenal seperti Traveloka, WeHelpYou, HappyFresh, Fore, Golden Black Coffee, It's Buah dan lainnya. Kembangkan bisnis Anda melalui integrasi API dengan Lalamove, solusi pengiriman