Find Us On Social Media :

SIRCLO Tingkatkan Omzet UMKM 34 Persen Lewat Solusi Teknologi Dan Jasa

By Rizal, Jumat, 30 September 2022 | 09:30 WIB

Sirclo

SIRCLO Group, perusahaan penyedia solusi omnichannel commerce terdepan di Indonesia, hari ini resmi luncurkan laporan dampak tahun 2022 bertajuk Integrasi Digital SIRCLO Group untuk Usaha dan Kesejahteraan UMKM.

Hingga saat ini, hampir 1 juta UMKM telah bergabung ke dalam ekosistem SIRCLO Group yang terdiri dari pemilik brand, warung dan mikro/nano influencer. Masing-masing memiliki beragam tantangan, seperti; tidak adanya informasi terkait digitalisasi bisnis, kurangnya akses terhadap sistem distribusi barang yang mumpuni, hingga sulitnya mendapat kesempatan untuk meningkatkan omzet dan pendapatan.

Karena itu, melalui laporan ini, SIRCLO Group menyampaikan dampak dari berbagai solusi yang ditawarkan atas tantangan yang dihadapi UMKM di Indonesia.

Karena mayoritas pengguna layanan di dalam ekosistem SIRCLO Group merupakan segmen UMKM, dalam laporan dampak ini, SIRCLO Group khusus menyorot dampak yang dihadirkan bagi kesejahteraan UMKM, khususnya melalui ragam solusi di dalam ekosistem SIRCLO Group yang melayani UMKM, yaitu SIRCLO Store (dasbor yang membantu brand UMKM berjualan online melalui berbagai berbagai kanal sekaligus, seperti website dan marketplace), Warung Pintar (solusi digital bagi para pemilik warung untuk memenuhi segala kebutuhan warung mereka), dan IbuSibuk (solusi pemberdayaan ekonomi bagi komunitas Ibu untuk menjadi influencers).

Brian Marshal, CEO dan Founder, SIRCLO Group, menjelaskan “Laporan ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen sosial dari berbagai solusi yang ditawarkan oleh SIRCLO Group. Kami percaya, jika setiap kegiatan bisnis mulai dari hulu ke hilir dilakukan dengan sistem dan cara yang berkelanjutan, kami pun dapat memberikan manfaat yang tidak hanya dirasakan bagi ekosistem SIRCLO Group, tetapi juga kepada seluruh masyarakat secara luas.”

Laporan Dampak SIRCLO Group 2022 merangkum dampak dan pencapaian yang dihasilkan ke dalam 4 pilar, yakni Bisnis, Sosial Ekonomi, Inklusivitas, dan Lingkungan. Pilar keberlanjutan yang dibuat oleh SIRCLO didasari oleh agenda pembangunan dunia, khususnya kerangka Sustainable Development Goals (SDGs), yang bertujuan untuk memastikan kesejahteraan manusia dan bumi.

Beberapa pencapaian yang dirangkum dalam Laporan Dampak Sosial Ekonomi SIRCLO Group untuk UMKM sebagai berikut:

Pilar 1: Bisnis

Solusi SIRCLO Group mendorong efisiensi proses bisnis sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan usaha UMKM.

● Secara keseluruhan, omzet UMKM mengalami kenaikan 34% dibandingkan sebelum bergabung dengan SIRCLO Group.

● Pemilik brand mengalami kenaikan jumlah transaksi hingga 150% dan mampu menghemat biaya operasional hingga 30% dengan menggunakan SIRCLO Store.

● Sejak bergabung dengan Warung Pintar, pemilik warung mengalami pengurangan biaya operasional untuk kulakan sampai 10% dari omzet sehari yang berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah modal.