Find Us On Social Media :

Inilah Sepuluh Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 yang Digunakan

By Cakrawala, Jumat, 30 September 2022 | 20:00 WIB

Memakai PC Windows 10 yang kinerjanya lemot alias lambat tentu kurang menyenangkan. Inilah sepuluh cara mempercepat kinerja Windows 10 yang digunakan.

Bila Anda memakai Microsoft Windows 10 sebagai sistem operasi PC desktop maupun laptop Anda, sewajarnya Anda menginginkan Windows 10 yang digunakan itu kinerjanya bagus alias berjalan gegas dan mulus. Memakai PC desktop maupun laptop dengan Windows 10 yang kinerjanya lemot alias lambat tentu kurang menyenangkan dan bisa mengurangi produktivitas. Penulis pun sudah pernah membagikan sejumlah cara untuk mempercepat kinerja Windows 10 yang digunakan, yakni di sini dan sini. Nah, agar Anda lebih mudah mencoba semuanya, kali ini penulis akan gabungkan keduanya. Inilah sepuluh cara mempercepat kinerja Windows 10 yang digunakan tersebut.

Tentunya tidak semua cara dari sepuluh cara mempercepat kinerja Windows 10 yang digunakan itu akan memberikan hasil yang tangible atau dapat dirasakan ketika Anda coba. Penyebabnya bisa berbagai macam, seperti yang membuat lemot kinerja Windows 10 yang digunakan bukanlah hal yang dipercepat oleh cara mempercepat kinerja Windows 10 yang dicoba. Bisa juga yang membuat lambat kinerja Windows 10 yang dipakai adalah kombinasi dari aneka hal sehingga cara mempercepat kinerja Windows 10 yang diaplikasikan juga perlu beberapa. Namun, bisa pula PC desktop maupun laptop yang Anda pakai memang sudah tidak mumpuni untuk menjalankan Windows 10 versi baru.

Masing-masing cara mempercepat kinerja Windows 10 yang digunakan tersebut pun berdiri sendiri. Beridiri sendiri di sini maksudnya pengaplikasiannya tidak bergantung dengan cara mempercepat kinerja Windows 10 lain yang dibagikan. Anda bisa mencoba salah satu, beberapa, maupun seluruh cara dari sepuluh cara mempercepat kinerja Windows 10 yang digunakan yang penulis sampaikan. Jika mencoba lebih dari satu, urutannya juga bebas; tidak mesti yang nomor kecil lebih dahulu. Nah, inilah sepuluh cara mempercepat kinerja Windows 10 yang dimaksud.

1. Pastikan Menggunakan Power Plan yang Tepat

Inilah Sepuluh Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 yang Digunakan: gunakan power plan 'Balanced' atau 'High performance'.

Microsoft Windows 10 menyedikan power plan yang merupakan kombinasi pengaturan yang mengatur PC Windows 10 Anda dalam menggunakan daya dan (sejalan dengan itu) kinerja. Power plan yang berfokus pada penghematan daya akan mengurangi kinerja dari PC bersangkutan. Pastikan Anda menggunakan power plan yang disebut “Balanced” atau power plan yang disebut “High performance” untuk kinerja Windows 10 yang baik. Jika belum, ubah ke power plan itu untuk mempercepat kinerja Windows 10. Berikut caranya:

Klik [Start] > [Settings] > [System] > [Power & sleep] > [Additional power settings (di Related settings)] > [Balanced (recommended)] atau [High performance].

Jika tidak terdapat Balanced atau High performance, Anda bisa membuatnya seperti berikut:

Pada jendela yang muncul setelah mengeklik [Additional power settings (di Related settings)] tadi, klik [Create a power plan] > [Balanced (recommended)] atau [High performance] > berikan nama yang dinginkan di [Plan name:] > Next > atur waktu mematikan tampilan ataupun membuat komputer tidur di [Turn off the display:] atau [Put the computer to sleep:] bila diinginkan > [Create].

Secara default seharusnya Windows 10 memilih power plan yang baru dibuat itu.

Namun, jika terdapat hanya pilihan “Balanced’ dan Windows 10 yang dipakai sudah menggunakan power plan tersebut, cara yang InfoKomputer sampaikan di atas, tidak bisa atau tidak cocok dilakukan. Anda lebih cocok mencoba cara No. 2.