Find Us On Social Media :

Cair! Begini Cara dan Syarat Mendapatkan Bantuan BSU Tahap 5

By Rizal, Selasa, 11 Oktober 2022 | 09:30 WIB

Bagaimana Cara Mengecek Penerima BSU Online?

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima data penerima bantuan subsidi upah (BSU) tahap 5 dari BPJS Ketenagakerjaan. Pemerintah mulai mencairkan BSU tahap 5 mulai Senin (10/10/2022).

Hingga kini, BSU 2022 sudah disalurkan kepada 8.168.987 pekerja dari tahap pertama hingga keempat. Artinya, angka tersebut sudah mencapai 55,8 persen dari target penyaluran kepada 16 juta pekerja.

Syarat penerima BSU Tidak semua pekerja akan mendapatkan bantuan subsidi gaji. Dilansir dari laman resmi, BSU merupakan program bagi pekerja yang memenuhi syarat seperti tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.

Berikut syarat penerima BSU 2022:

Cara cek penerima BSU 2022 di bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

1. Kunjungi laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/

2. Cari menu "Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?" di bagian bawah laman tersebut

3. Tuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor ponsel terkini, dan email terkini

4. Pastikan nomor ponsel dan email yang dituliskan telah benar agar bisa mendapatkan informasi penyaluran BSU

5. Klik "Lanjutkan".

Tanda jika termasuk penerima BSU

Jika data yang dimasukkan termasuk calon penerima BSU, maka akan muncul pesan seperti ini: "Anda lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk validasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Prose verifikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 10 Tahun 2022."

Namun, apabila data yang dimasukkan belum termasuk calon penerima BSU, notifikasi yang muncul akan seperti ini: "Mohon maaf, Anda belum termasuk dalam kriteria calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai Permenaker Nomor 10 Tahun 2022," tegasnya.