Find Us On Social Media :

Headset Quest Pro VR Resmi Meluncur dengan Snapdragon XR2+ Gen 1

By Rizal, Sabtu, 15 Oktober 2022 | 09:00 WIB

Headset Quest Pro VR

Meta baru saja meluncurkan Headset Quest Pro VR/Meta Quest Pro dalam ajang Connect 2022 yang mengusung chipset Qualcomm Snapdragon XR2+ Gen 1 terbaru.

Sebelumnya headset VR ini pernah didemonstrasikan dengan kode nama Project Cambria.

VR Quest Pro yang diperkenalkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg di event Meta Connect 2022 ini merupakan penerus dari VR Oculus Quest 2 yang diluncurkan pada tahun 2020.

Meta nampaknya cukup serius menggarap perangkat VR terbarunya ini, mengingat adanya sejumlah peningkatan yang diberikan dari sisi desain maupun spesifikasinya, mulai dari prosesor, layar, controller, kamera dan lain, tergolong teknologi keluaran anyar.

VR Quest Pro dibanderol dengan harga yang mahal  dan pengguna harus morogoh koceknya hingga US$ 1.500 atau setara Rp 23 jutaan. Headset VR Quest Pro akan tersedia di 22 negara, diantaranya di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Prancis. Pre-order mulai dibuka pada 25 Oktober mendatang secara online di Amazon.

Secara desain, ada perombakan besar yang diberikan pada perangkat VR barunya ini. Di bagian depan headset, VR Quest Pro memiliki dimensi lebih tipis, dan Meta memotong area lensa depan perangkat hingga 40%.

Meta juga menambahkan bantalan empuk di bagian depan atas dan belakang headset, agar pengguna bisa lebih nyaman.

Perubahan lain juga pada posisi baterai yang kini dipindahkan ke bagian paling belakang dari headset.

Sementara bicara soal layarnya, VR Quest Pro menggunakan panel LCD mini dengan resolusi 1.800 x 1.920 pixel per mata, dengan refresh rate 90Hz.

Meta mengklaim bahwa kualitas dari grafis ditingkatkan hingga 75%. Kontras dari layar juga mampu memberikan peningkatan hingga 10% dari generasi sebelumnya.

VR Quest Pro ditenagai chipset Snapdragon XR2+ dengan didukung RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Meta mengklaim chipset yang digunakan sudah mampu membuat perangkat ini berjalan lancar dan smooth saat digunakan.

Untuk daya tahan baterainya juga ada peningkatan, karena VR Quest Pro sudah menggunakan baterai yang dapat diisi melalui port USB-C.