Find Us On Social Media :

Hands-on Acer Swift Edge: Kencang, Layar Besar Tapi Tipis dan Ringan

By Dayu Akbar, Senin, 17 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Tidak lama setelah diluncurkan secara global, Acer akhirnya memboyong lini laptop seri Swift terbarunya ke tanah air. Salah satunya yaitu Acer Swift Edge yang menawarkan keunggulan berupa dimensi tipis dan ringan serta sudah dipersenjatai dengan prosesor AMD Ryzen 6000 series generasi terbaru. Jadi laptop ini tidak hanya menawarkan performa tinggi tapi juga portabilitas yang cukup ringkas. Tidak hanya itu, penamaan Edge yang diusungnya menegaskan bahwa layar yang digunakannya memiliki bezel tipis sehingga memaksimalkan tampilan sehingga terasa lebih lega.

Bodi

Acer Swift Edge memiliki dimensi cukup lebar. Hal ini sedikit banyak karena layar yang digunakannya berukuran besar. Namun menariknya, laptop ini memiliki ketebalan yang cukup tipis. Tebalnya hanya 12,95 mm dan lagi bobotnya yang hanya 1,17 kg, tidak hanya membuatnya mudah ditenteng, tapi juga tidak akan terlalu membebani saat dibawa dalam tas ransel.

Dengan dimensi tersebut, laptop ini juga dilapisi dengan paduan antara material magnesium-aluminium (Mg-Al) sehingga membuatnya lebih ringan dengan durabilitas 2X lebih baik dibandingkan aluminium pada umumnya.Konsep desain yang dibawa laptop ini menampilkan detail yang presisi dan estetika dengan nuansa premium khas seri Swift. Digabungkan dengan tampilannya yang memukau, laptop ini menjadi pilihan bagi para profesional dengan gaya hidup aktif dan serba cepat.

Layar

Acer Swift Edge sendiri diklaim sebagai laptop dengan layar 16 inci paling ringan di dunia. Resolusi yang dimilikinya pun tidak main-main yaitu 4K (3840x2400) dengan panel OLED. Belum lagi dukungan color gamut 100% DCI-P3 yang menjamin warna akurat, kecerahan maksimal mencapai 500 nits dan response time kurang dari 0,2 ms.Seperti disebut sebelumnya, layarnya memiliki ukuran bezel tipis di tiap sisinya dengan rasio layar-ke-bodi hingga 92%. Ini menjadikan layar 16 inci terasa lebih lega sehingga pengalaman pengguna jadi lebih nyaman. Apalagi sudah mendukung pula sertifikasi layar VESA Display HDR True Black 500, serta TÜV Rheinland Eyesafe untuk pengalaman menikmati hiburan yang lebih lama dan nyaman.Spesifikasi

Laptop ini hadir dalam dua pilihan yang dibedakan oleh spesifikasi pada prosesor, chip grafis, dan storage. Didukung oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series, Acer Swift Edge menawarkan kecepatan pemrosesan yang luar biasa dan respons mulus untuk mempercepat produktivitas. Prosesor ini hadir dengan opsi hingga 8 inti “Zen 3+” yang dibangun di atas teknologi fabrikasi 6 nm.

Pilihan dua prosesornya yaitu AMD Ryzen 5 6600U dan AMD Ryzen 7 6800U. Untuk prosesor pertama memiliki chip grafis AMD Radeon 660M dan prosesor kedua dilengkapi dengan AMD Radeon 680M.Sementara untuk storage-nya menggunakan SSD dengan interface paling baru, PCIe Gen4 dimana untuk Ryzen 5 ditandem dengan kapasitas 512 GB dan Ryzen 7 dengan SSD berkapasitas 1 TB. Diluar itu, semua spesifikasi lainnya sama, seperti sama-sama menggunakan memori RAM 16 GB LPDDR5 dual channel.Fitur

Acer Swift Edge menawarkan konektivitas semakin cepat. Laptop ini didukung dengan Wi-Fi 6E untuk koneksi nirkabel berkecepatan tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi file dengan cepat, dan pengalaman streaming 4K yang lancar.

Acer juga menyediakan beragam port penting seperti HDMI 2.1, dua port USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan kemampuan pengisian cepat, dua port USB Type-A, dan jack audio 3,5mm, membawa produktivitas dan kenyamanan portabel ke tingkat lanjut.

Sistem audio-nya makin keren berkat dukungan dari teknologi DTS yang membuat speaker stereo menghasilkan suara yang lebih bertenaga.Untuk lebih menjaga kenyamanan pengguna, penambahan otentikasi biometrik dan slot Noble Wedge Lock memberikan lapisan tambahan perlindungan keamanan untuk membantu melindungi data pengguna dan perusahaan.