Find Us On Social Media :

Ericsson: Inilah Enam Tren 5G yang Memengaruhi Adopsi 5G Berikutnya

By Cakrawala, Minggu, 30 Oktober 2022 | 21:00 WIB

Ericsson membagikan enam tren utama 5G yang dipercaya memengaruhi gelombang adopsi 5G berikutnya di dunia, termasuk di Indonesia.

Ericsson minggu lalu di Jakarta membagikan enam tren utama yang dipercaya memengaruhi gelombang adopsi 5G berikutnya. Ericsson menyebutkan keenam tren 5G tersebut berhasil diidentifikasi berkat pelacakan data yang dilakukannya, termasuk peluncuran 5G sejak 2019, plus studi konsumen perihal 5G terbaru yang dilakukannya. Keenam tren 5G yang dibagikan Ericsson itu merupakan kutipan dari laporan bertajuk "5G: The Next Wave" dan tentunya bisa menjadi masukan untuk operator telekomunikasi seluler di dunia, termasuk di Indonesia. Lagi pula studi konsumen perihal 5G yang dimaksud mencakup konsumen di Indonesia.

Lebih lanjut Ericsson menjelaskan bahwa pada studi yang dilakukannya, Ericsson mewawancarai lebih dari 49.000 konsumen di 37 negara, termasuk Indonesia. Ericsson menegaskan survei tersebut merupakan survei konsumen terbesar yang pernah dilakukannya. Ericsson mengeklaim pula survei bersangkutan sebagai salah satu survei global terbesar dalam industri terhadap konsumen sehubungan 5G. Ericsson menambahkan survei yang dimaksud mewakili pendapat dari 1,7 miliar konsumen di seluruh dunia, termasuk 430 juta pelanggan 5G. Jadi, 5G: The Next Wave sewajarnya mewakili porsi konsumen yang cukup besar di dunia. Pasalnya, mengutip Ericsson, jumlah pelanggan seluler di dunia pada akhir tahun 2021 adalah sekitar 8,2 miliar.

”Skala pengukuran dalam penelitian ini memberi kami wawasan yang aktual tentang pandangan dan sikap konsumen terhadap 5G. Laporan ini menunjukkan bahwa calon pengguna 5G gelombang berikutnya memiliki ekspektasi yang berbeda dari pengguna awal terhadap teknologi. Secara keseluruhan, konsumen melihat keterlibatan dengan 5G sebagai bagian penting dari gaya hidup mereka di masa depan,” sebut Jasmeet Singh Sethi (Head of Ericsson ConsumerLab).

“Sangat menarik untuk dicatat bahwa 5G muncul sebagai fasilitator penting bagi pengguna awal teknologi 5G untuk menggunakan layanan yang berkaitan dengan metaverse, seperti bersosialisasi, bermain, dan membeli barang digital di platform game virtual 3D interaktif. Jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna 5G untuk menggunakan aplikasi AR juga meningkat dua kali lipat selama dua tahun terakhir, dibandingkan dengan pengguna 4G,” tambah Jasmeet Singh Sethi.

“Sangat mengesankan melihat kuatnya alasan konsumen untuk menggunakan 5G di Indonesia. Sebanyak 53 persen masyarakat Indonesia berniat untuk berlangganan 5G di 2023, agar mereka dapat mengakses aplikasi dan layanan inovatif seperti metaverse. Ericsson bekerja sama dengan penyedia layanan komunikasi di Indonesia dalam penerapan 5G dan membangun ekosistem 5G sehingga konsumen Indonesia dapat menikmati peningkatan produktivitas, efektivitas, dan efisiensi yang dapat ditawarkan oleh teknologi canggih seperti AR [augmented reality] dan XR [extended reality],” ujar Jerry Soper (Head of Ericsson Indonesia).