Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy A33 5G: Kelas Menengah nan Lengkap dan Bertenaga

By Dayu Akbar, Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:00 WIB

Samsung Galaxy A33 5G hadir sebagai satu paket lengkap smartphone 5G kelas menengah yang bertenaga dengan berbagai fiturnya, termasuk SoC yang sama dengan seri di atasnya.

Samsung kembali menghadirkan varian seri A yang menyasar segmen kelas menengah dengan dukungan jaringan 5G. Salah satunya melalui Galaxy A33 5G yang peluncurannya di tanah air berbarengan dengan Galaxy A53 5G dan Galaxy A73 5G. Meski sebagai seri paling rendah dari dua seri lainnya,  nyatanya SoC (system on chip) yang digunakannya sama dengan seri di atasnya, yaitu Galaxy A53 5G.

Ini menjadikannya pilihan menarik bagi yang ingin mendapatkan performa bagus, tetapi dengan harga lebih terjangkau. Galaxy A33 5G juga merupakan suksesor dari seri sebelumnya, yakni Galaxy A32 5G. Dari sisi desain keduanya masih mirip, tetapi tentu saja Galaxy A33 5G hadir dengan fitur lebih baru.

Penambahan kata “5G“ jelas sebagai penegas bahwa ini merupakan smartphone dengan dukungan jaringan 5G yang kencang. Secara spesifikasi, dukungan jaringan 5G-nya sudah mendukung tiga operator telekomunikasi seluler 5G di tanah air.

Galaxy A33 5G punya desain yang cukup sederhana dengan nuansa minimalis, tetapi tetap terlihat premium. Dimensinya persegi panjang dengan tiap sudut membulat dengan bagian belakang menggunakan bahan polikarbonat dan finishing matte.

Samsung Galaxy A33 5G jadi salah satu seri A pertama yang menerapkan pemangkasan adaptor atau charger sehingga kotak kemasannya jadi lebih ramping.

Bodi belakangnya tersedia dalam empat pilihan warna yaitu blue, black, white, peach, dan unit yang kami coba menggunakan pilihan warna white (putih). Dirancang agar tahan air dan debu, smartphone ini juga mengusung IP67 yang artinya tahan direndam dalam air tawar sampai kedalaman 1 meter hingga 30 menit.

Sementara sisi-sisinya berukuran cukup tebal dengan warna perak. Sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power. Sisi atasnya ada slot SIM tray yang bisa diisi sampai satu kartu SIM dan satu kartu memori micro-SD atau dua kartu SIM. Sisi bawah ada speaker mono dan porta USB Type-C. Kali ini Samsung tidak menyertakan jack audio 3,5 mm sehingga Anda mesti menggunakan perangkat audio berbasis Bluetooth untuk mendengarkan musik secara personal.

Samsung mengandalkan panel Super AMOLED untuk layar. Hal ini merupakan salah satu peningkatan yang signfikan dibanding generasi sebelumnya, Galaxy A32 5G, yang menggunakan panel IPS LCD. Selain contrast lebih tinggi, salah satu keunggulan lain adalah pancaran cahaya yang lebih ramah untuk mata. Mengenai tingkat kecerahan yang dimilikinya, layar ini nyaman digunakan di luar ruangan saat kondisi matahari sedang terik. Fitur Adaptive Brightness-nya mampu bekerja sesuai kondisi pencahayaan suatu ruangan.

Hadir dengan empat pilihan warna yaitu blue, black, white, dan peach, bodi belakangnya menggunakan bahan polikarbonat dengan finishing matte yang terlihat premium.