Find Us On Social Media :

Nih! Ecommerce Favorit Masyarakat Indonesia Selama Harbolnas 2022

By Rizal, Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:00 WIB

Ilustasi Shopee

 

Sejak dicetuskan pada tahun 2012, Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas merupakan pesta belanja akhir tahun yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Momentum ini diikuti oleh berbagai e-commerce dan brand-brand yang menghadirkan berbagai promo dan penawaran menarik, sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk berbelanja. 

Untuk melihat antusiasme masyarakat dalam menyambut momentum Harbolnas tahun ini, Populix melakukan survei terhadap 1.274 responden laki laki dan perempuan berusia 18-55 tahun. Hasil survei tersebut terangkum dalam laporan berjudul “2022 Harbolnas Shopping Spree” yang membahas tentang preferensi dan perilaku belanja masyarakat Indonesia tahun ini.

Survei menemukan bahwa 84% responden mengaku berbelanja pada momentum Harbolnas terutama di antara responden berusia 26-35 tahun. Sedangkan responden yang tidak berbelanja didominasi oleh anak muda berusia antara 18-25 tahun. 

“Hasil survei menunjukkan bahwa minat masyarakat, terutama generasi milenial, untuk berbelanja pada momentum Harbolnas 2022 lebih tinggi dibandingkan generasi lainnya. Untuk mempersiapkan diri menyambut momentum tersebut, pelaku bisnis perlu memahami lebih lanjut terkait minat dan preferensi generasi ini sebelum merancang kampanye dan promo Harbolnas 2022," ujarnya.

"Hal tersebut dapat dilakukan melalui evaluasi performa produk dan kampanye sebelumnya, serta riset peluang pasar, analisis kompetitor, hingga lanskap industri agar bisnis bisa tetap kompetitif di tengah persaingan pasar pada pesta belanja online terbesar tanah air,” ungkap Dr. Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix.

E-commerce Favorit Pilihan Masyarakat

Survei menunjukkan bahwa Shopee (90%) menempati urutan pertama pilihan e-commerce, baik di antara responden laki-laki maupun perempuan. Posisi selanjutnya diikuti oleh Tokopedia (66%), Lazada (34%), Bukalapak (15%), dan JD.ID (14%)

Dari berbagai promo yang bermunculan saat Harbolnas, masyarakat menilai potongan harga atau diskon (31%) sebagai bentuk promo yang paling ditunggu. Promo menarik selanjutnya adalah flash sale pada jam tertentu (22%), promo gratis ongkir (18%), cashback (12%), dan voucher belanja (6%). Selama Harbolnas, mayoritas masyarakat akan berbelanja di antara pukul 00.00 hingga 06.00 WIB (37%) dan pukul 16.01 hingga 23.59 WIB (23%). 

Produk yang Paling Banyak Dibeli dan Sumber Informasi

Hasil survei memperlihatkan bahwa pakaian (66%) serta produk kecantikan dan perawatan diri (51%) merupakan produk yang paling banyak dibeli selama Harbolnas, disusul produk elektronik, gadget dan aksesoris (43%), makanan dan minuman (36%), hobi (35%), dan furnitur rumah (32%). Di antara kategori produk tersebut, survei mengungkap bahwa perempuan lebih banyak membeli produk kecantikan dan perawatan diri serta pakaian, sementara laki-laki lebih banyak membeli pakaian dan produk elektronik, gadget dan aksesoris, serta hobi.

Untuk mendapatkan informasi seputar promo Harbolnas yang akan berlangsung, sebagian besar masyarakat Indonesia terpapar informasi mengenai Harbolnas melalui media sosial seperti Instagram (64%), iklan di Youtube (49%), TikTok (39%), dan Facebook (35%). Sementara itu, 39% masyarakat menyatakan akan memperhatikan informasi dari notifikasi mobile apps, disusul iklan di televisi (37%), dan informasi dari teman atau keluarga (28%).

Metode Pembayaran dan Tipe Pengiriman Pilihan Masyarakat