Find Us On Social Media :

Rio Anugrah, Membangun Keunggulan Digital di Jagat Media dan Hiburan

By Liana Threestayanti, Jumat, 28 Oktober 2022 | 12:48 WIB

Belum genap tiga tahun usianya, RCTI+ berhasil memuncaki daftar layanan OTT terpopuler di Indonesia. Inilah sosok penting di balik pengembangan RCTI+. (Foto: Rio Anugrah, Chief Technology Officer, RCTI+)

 

Saat usianya belum genap tiga tahun, RCTI+ berhasil memuncaki daftar layanan over the top (OTT) terpopuler di Indonesia. Menurut data Comscore Februari 2021, RCTI+ berhasil meraih pengguna sebanyak 19,81 juta monthly active users (MAU).

Berhasil meraup banyak pengguna di usia yang masih seumur jagung, layanan OTT milik MNC Group ini notabene mampu melampaui layanan-layanan OTT lain yang sudah lebih dulu eksis di industri media dan hiburan di Indonesia.

Hal ini tentu tak lepas dari kemampuan RCTI+ dalam menghadirkan konten yang disukai pengguna, didukung beragam fitur untuk menyajikan sebuah pengalaman baru dalam mengonsumsi media di era digital ini. 

Dikatakan oleh Chief Technology Officer, RCTI+, Rio Anugrah, aplikasi ini dikembangkan sebagai one-stop entertainment super app. “Mengapa disebut super app? Karena aplikasi RCTI+ ini bisa digunakan dari mulai kita bangun tidur sampai kita tidur lagi. Dan disebut one-stop entertainment, karena di aplikasi itu sudah ada video, artikel berita, audio, bahkan user generated content, semacam TikTok. Jadi benar-benar lengkap,” jelas Rio.

Kehadiran RCTI+ di kancah industri media dan hiburan tentu tak bisa dipisahkan dari strategi transformasi digital MNC Group secara keseluruhan yang sudah dimulai sejak tahun 2013. Rio mengibaratkan peran/posisi RCTI+ ini sebagai lokomotif. “Lokomotif yang akan menarik keseluruhan ekosistem digital MNC Group,” imbuhnya.

Membangun dan Mengintegrasikan Ekosistem

Peran lokomotif RCTI+ ini diwujudkan dengan mentransisikan empat layanan free to air (FTA) MNC Group, yaitu RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV, ke platform digital sehingga bisa dinikmati pengguna melalui berbagai platform digital, mulai dari web browser, aplikasi mobile, sampai Android TV. Menurut Rio, kehadiran RCTI+ di tengah-tengah masyarakat ini memberikan cara baru dalam menikmati tayangan media dari MNC Group.

“Dan kami juga membangun ekosistem yang akan mendukungnya,” jelas profesional dengan pengalaman karier lebih dari 25 tahun di bidang teknologi informasi. Sebagai konglomerasi media dan hiburan, MNC Group memiliki lini bisnis yang cukup lengkap untuk berintegrasi dan bersinergi secara internal dan eksternal guna membentuk satu ekosistem digital.

Ia memberikan salah satu contoh integrasi yang bisa ditemui di aplikasi RCTI+, yaitu fitur voting. Melalui fitur ini, pengguna dapat mendukung artis dan idolanya di berbagai ajang penghargaan dan kompetisi yang diselenggarakan MNC Group. Fitur ini menyediakan beberapa kuota gratis untuk voting. Namun jika ingin menambah kuota, pengguna bisa membelinya melalui aplikasi MotionPay yang sudah terintegrasi dengan RCTI+.

Baca juga: Begini Cara AWS Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia

Mengandalkan Cloud Computing

Boleh dibilang RCTI+ lahir di cloud karena sejak awal pengembangannya sudah menggunakan cloud. Menurut Rio, hal itu dilakukan untuk memperoleh fleksibilitas, realibilitas dan skalabilitas dalam pengembangan aplikasi.