Meta mendukung kreator menjangkau audiens yang lebih luas, membangun komunitas, dan mengubah passion menjadi sumber penghasilan. Hari ini, Meta mengundang kreator dari seluruh Asia-Pasifik untuk bergabung di Creator Week 2022 di Bali. Kegiatan ini menghadirkan program-program inspirasional untuk membantu para kreator mengembangkan karir, terhubung dengan rekan kerja, dan membangun masa depan bersama.
Revie Sylviana (Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara) mengatakan Creator Week 2022 adalah ajang selebrasi bagi kreator-kreator dari seluruh Asia Pasifik yang menginspirasi gerakan baru dalam menciptakan konten online kreatif. Perayaan ini merupakan bentuk komitmen Meta dalam mendukung perjalanan para kreator dalam membangun eksistensi dan kesuksesannya di ranah digital.
"Meta juga terus membantu para kreator untuk lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif dan segar melalui berbagai fitur terbaru yang disediakan di berbagai lini platform Meta," ujarnya.
Pada kuartal ketiga tahun ini, Meta mengumumkan bahwa sekarang ada lebih dari 140 miliar konten Reels yang diputar setiap hari di Facebook dan Instagram, dan Reels sendiri memiliki tingkat pendapatan tahunan sebesar USD 3 miliar dari kedua aplikasi. Hal ini semakin membuktikan mengapa Reels menjadi salah satu elemen kunci bagi Meta. Berikut adalah beberapa pembaharuan yang dilakukan pada Reels di Facebook dan Instagram.
Pembaruan pada Instagram Reels
Meta ingin memudahkan kreator dalam mengekspresikan diri mereka melalui video di Instagram tanpa mengubah cara mereka bekerja. Sekarang, kreator bisa membagikan video ke Instagram Reels langsung dari aplikasi favorit mereka, seperti Videoleap, Smule, VivaVideo dan masih banyak. Aplikasi-aplikasi ini juga dapat membantu pengguna untuk langsung membagikan videonya ke Facebook.
Pembaruan pada Facebook Reels
Ada beberapa fitur baru di Facebook Reels untuk membantu kreator dilihat oleh lebih banyak audiens dan berinteraksi dengan para fans, seperti:
Melalui fitur Facebook Reels Collabs, Anda dapat berkolaborasi dengan kreator lain dan menciptakan konten Reels bersama sambil memperluas jangkauan dan memperbesar jumlah pengikut.
Facebook Reels Explore merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending, memberikan kreator inspirasi mengenai apa yang sedang populer dan sebuah cara baru untuk menarik audiens baru.
Facebook Reactions di Reels memberikan fans sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan konten Anda.
Meta juga merilis beragam fitur desktop untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi kreator dalam mengoptimasi konten mereka di Creator Studio dan Meta Business Suite, misalnya dari menambahkan musik dan menggabungkan sejumlah potongan video hingga fitur baru untuk meningkatkan audio, seperti penghilang suara-suara yang tidak diinginkan dan speech enhancer, yang dapat membuat Reels Anda menjadi lebih menarik. Selain itu, kreator juga dapat mengunggah Reels langsung dari laman Facebook.
Sebagai bagian dari komitmen Meta untuk membantu kreator dalam menghasilkan pendapatan, Meta telah meluncurkan Branded Content di Facebook Reels secara global yang menawarkan sebuah cara baru bagi kreator dalam memaksimalkan penghasilan mereka.
Kreator akan mendapatkan akses terhadap fitur tag Branded Content di Facebook Reels untuk postingan organik, dan brand-brand yang di-tag dapat mengubah Reels tersebut menjadi sebuah iklan Branded Content.
Selain di Reels, Meta juga menghadirkan beberapa fitur baru lainnya untuk mendukung keamanan dan kenyaman para kreator serta pengguna di platform-nya, seperti:
Fitur Anti-Bullying di Instagram
Instagram juga menghadirkan fitur Anti-Bullying untuk melindungi kreator dan figur publik dari interaksi yang tidak diinginkan, beberapa diantaranya yang baru diluncurkan:
Pembaruan pada Multi-Blokir: Sekarang kreator tidak hanya bisa memblokir akun-akun yang sudah ada, tetapi juga bisa memblokir akun-akun yang akan dibuat oleh pihak terblokir ke depannya.
Pengingat kebaikan: notifikasi akan muncul di DM Instagram untuk mengingatkan dan mendorong pengguna menyampaikan pesan dengan baik ke kreator.
Pengingat untuk membalas komentar: pengingat bagi pengguna untuk berinteraksi secara positif di dalam utas komentar yang memanas. Nantinya akan ada pengingat yang muncul saat pengguna mengetuk untuk membalas komentar yang berpotensi menyinggung.
Pembaruan pada Hidden Words: untuk memproteksi kreator dan figur publik dari kata-kata negatif dan ofensif, Instagram telah melakukan peningkatan salah satunya pesan ofensif yang dikirim melalui balasan Stories akan terfilter dan masuk ke folder Hidden Requests di DM. Selain itu, Instagram juga memperluas daftar kata untuk Hidden Words dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
Pengaturan Default untuk akun kreator: Instagram mengatur Hidden Words untuk kolom komentar dan DM sebagai default akun kreator.
Mode Profesional di Profil Facebook
Meta juga hadirkan mode Profesional baru untuk Profil Facebook, sebuah pengaturan profil baru yang memberikan kreator di seluruh dunia eksistensi sambilan menjaga pengalaman personal mereka di platform.
Profesional Mode menawarkan seperangkat alat dan fitur yang dirancang untuk siapa saja yang ingin memulai perjalanan mereka sebagai konten kreator dan membangun basis penggemar. Melalui mode Profesional, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang melalui ekspansi Stars, iklan in-stream, Reels Play. Mereka juga juga dapat mengakses analitik, materi-materi edukasi dan masih banyak lagi.
Bantu mengubah passion kreator menjadi sebuah profesi
Sejak awal, tim Kemitraan Meta telah bekerja sama dengan komunitas kreator. Tahun ini, Meta juga meluncurkan Creators of Tomorrow, kumpulan kreator digital dari seluruh Asia-Pasifik yang menggunakan teknologi Meta untuk menginspirasi gerakan baru melalui kreativitas konten di media sosial.
Adapun kreator-kreator yang terpilih menjadi Creators of Tomorrow adalah Agung Karmalogy, kreator komedi; Anastasia Siantar, kreator fesyen; Sally Tanudjaja, kreator fitness; dan Arya Berburu Kuliner, kreator kuliner. Informasi lebih lengkap mengenai Creators of Tomorrow tersedia di www.creatorsoftomorrow.com Selain itu ada Reels Squad, sebuah tim yang terdiri dari kreator Reels-first kreatif yang Meta pilih secara langsung.
Di Indonesia, Meta juga meluncurkan beberapa inisiatif untuk menumbuhkan dan memberikan wadah bagi kreator Tanah Air untuk tingkatkan visibilitas online mereka seperti #TawadiReels untuk memberdayakan bakat-bakat baru kreator komedi lokal, #OlahragadiReels untuk memberdayakan dunia dan pelaku olahraga nasional di ranah digital, serta #MenujuMetaverse Cafe untuk memberikan pengalaman digital unik bagi pengguna, dan masih banyak lagi.