Titin Lestari merupakan pemilik Toko Gibran yang berlokasi di Medan, Sumatra Utara. Ia mendirikan toko atau warungnya itu pada tahun 2017 dan bergabung menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia pada 2019.
Mitra Tokopedia merupakan aplikasi bagi pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, menstok barang dagangan fisik maupun digital, seperti pulsa, paket data, token listrik dan masih banyak lagi, secara lebih mudah, murah dan cepat.
Di aplikasi tersebut, Titin menggunakan fitur Grosir untuk menstok sembako dan fitur Produk Digital untuk berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.
Sejak bergabung menggunakan Mitra Tokopedia, ia mengaku omzet harian tokonya bisa mencapai jutaan rupiah, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia.
Karena tokonya lebih ramai pengunjung sejak menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia, Titin kerap membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan.
“Omzet toko saya bisa mencapai jutaan rupiah per hari, meningkat dua kali lipat semenjak pakai aplikasi Mitra Tokopedia. Toko juga jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga–yang tidak punya tempat jualan–untuk menitipkan barang dagangan mereka,” kata Titin.
Selain Titin, pemilik toko di kota lain yang merasakan manfaat dari aplikasi Mitra Tokopedia adalah Marfour Syam.
Ia merupakan pemilik Toko Si Kembar di Bogor, Jawa Barat. Marfour menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia sejak 2018 untuk mencari pendapatan tambahan karena suaminya terpaksa berhenti bekerja.
Berkat Mitra Tokopedia, Marfour merasa tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital.
Produk digital yang paling banyak dibeli oleh pelanggannya antara lain pulsa telepon, paket data, voucher games dan token listrik.
Jika ada keuntungan lebih, Marfour selalu ikut menyumbang di kegiatan Jumat Berkah yang diadakan di lingkungannya untuk berbagi rezeki kepada sesama.
“Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data. Saya juga sangat terbantu dalam mengatur pembukuan dan mencatat utang pelanggan dengan adanya fitur Catat Hutang di aplikasi Mitra Tokopedia. Jika ada keuntungan lebih dari berjualan, saya selalu berbagi rezeki kepada sesama,” jelas Marfour.
Kampanye #SemangatKu4t
Cerita inspiratif Titin dan Marfour menjadi alasan keduanya memenangkan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia yang diselenggarakan dalam rangka Kampanye #SemangatKu4t dan ulang tahun Mitra Tokopedia yang memasuki usia ke-empat.
“Kampanye #SemangatKu4t ditujukan untuk mengapresiasi mitra usaha tradisional, yang selama ini telah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha. Lewat kampanye ini, Tokopedia mengadakan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia dan telah memilih pemenang yang punya kisah paling inspiratif,” jelas Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo.
“Selain berjualan, pemenang kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia–seperti Ibu Marfour dan Ibu Titin–juga membawa dampak bagi lingkungan sekitar. Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha,” tambah Karina.
Baca Juga: Nih! Ecommerce Favorit Masyarakat Indonesia Selama Harbolnas 2022