Find Us On Social Media :

Intel Ungkap Xeon CPU Max Series dan Data Center GPU Max Series

By Cakrawala, Minggu, 20 November 2022 | 10:00 WIB

Intel ungkapkan keluarga produk barunya yang disebut dengan Intel Max Series, tepatnya Intel Xeon CPU Max Series dan Intel Data Center GPU Max Series. Intel Max Series ini sendiri ditujukan untuk HPC dan AI.

Intel beberapa waktu lalu secara daring mengungkapkan keluarga produk barunya yang disebut dengan Intel Max Series kepada dunia. Terdapat dua lini produk yang diungkapkan, yakni Intel Xeon CPU Max Series yang merupakan CPU dan Intel Data Center GPU Max Series yang merupakan GPU. Intel Xeon CPU Max Series dikenal dengan codename Intel Sapphire Rapids HBM alias Intel Sapphire Rapids dengan High Bandwidth Memory. Sementara, Intel Data Center GPU Max Series dikenal dengan codename Intel Ponte Vecchio. Intel menyebutkan kedua lini Intel Max Series tersebut ditujukan untuk HPC (high performance computing) dan AI (artificial intelligence). Dengan kata lain, keduanya bisa menjalankan beban kerja HPC dan AI dengan kinerja yang lebih tinggi dari berbagai produk Intel sebelumnya.

“Untuk memastikan tidak ada beban kerja HPC yang tertinggal, kita membutuhkan solusi yang memaksimalkan bandwidth, memaksimalkan komputasi, memaksimalkan produktivitas pengembang dan pada akhirnya memaksimalkan dampak. Keluarga produk Intel Max Series menghadirkan memori dengan bandwidth tinggi ke pasar yang lebih luas, yang ketika dipadukan dengan oneAPI akan mempermudah proses code sharing (saling berbagi kode pemrograman) antara CPU dan GPU, dan menyelesaikan berbagai tantangan terbesar di dunia dengan lebih cepat,” sebut Jeff McVeigh (Corporate Vice President and General Manager, Super Compute Group di Intel).

Sekadar mengingatkan, mengutip Intel, oneAPI adalah suatu model pemrograman yang unified dan terbuka, dibangun berdasarkan beberapa standar, untuk menyederhanakan pengembangan dan pen-deploy-an berbagai beban kerja yang data sentris pada aneka CPU, GPU, FPGA, dan akselerator lainnya. Dengan kata lain, oneAPI akan memudahkan pengembang untuk memanfaatkan XPU — aneka processing unit seperti CPU, GPU, dan FPGA tadi. Lebih lanjut perihal oneAPI bisa dibaca di sini.

Intel Xeon CPU Max Series

Intel Xeon CPU Max Series.

Intel Xeon CPU Max Series seperti telah disebutkan memiliki codename Intel Sapphire Rapids HBM. Perbedaan utama Intel Xeon CPU Max Series dengan Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids (tanpa embel-embel HBM) adalah terintegrasinya HBM pada Intel Xeon CPU Max Series. Seperti namanya, HBM menawarkan bandwidth yang lebih tinggi dari yang ditawarkan keping memori utama DDR5 yang dipasangkan pada slot memori utama mainboard dengan Intel Xeon Scalable Generasi ke-4. Menggunakan 64 GB HBM2e, Intel Xeon CPU Max Series diklaim membolehkan bandwidth untuk memori utama sekitar 1 TB/s. Jauh lebih tinggi dibandingkan hanya menggunakan delapan kanal DDR5-4800 yang didukung Intel Sapphire Rapids yang sekitar 307 GB/s.

Adapun Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids, seperti Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder yang ditujukan untuk desktop, mengandung core dengan arsitektur Intel Golden Cove. Namun, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 menggunakan hanya Intel Golden Cove dan tidak memanfaatkan Intel Gracemont. Dengan kata lain Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 menggunakan hanya core untuk kinerja alias P-core. Berhubung ditujukan untuk server dus pusat data, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 mengandung lebih banyak core dan memiliki sejumlah peningkatan lain yang membuatnya optimal untuk peruntukkannya itu. Salah satu dari peningkatan yang dimaksud adalah tambahan aneka akselerator atau mesin akeselerasi (acceleration engine) seperti Intel AVX-512 (Advanced Vector Extensions 512), Intel DSA (Data Streaming Accelerator), dan Intel AMX (Advanced Matrix Extensions). Lebih jelasnya mengenai Intel Golden Cove bisa dilihat di sini.

Intel Xeon CPU Max Series yang diklaim sebagai prosesor x86 pertama dan satu-satunya dengan HBM terintegrasi mendukung tiga mode memori utama, yakni HBM only, HBM flat, dan HBM caching.

Spesifik Intel Xeon CPU Max Series, Intel menyebutkan lini prosesor baru itu mengandung sampai 56 core, sampai 112,5 MB shared LLC (last level cache), 64 GB HBM2e (semua varian), dan mendukung delapan kanal DDR5-4800. Intel Xeon CPU Max Series juga mendukung berbagai antarmuka terkini seperti CXL (Compute Express Link) 1.1 dan PCI Express Gen 5. Seperti Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids, Intel Xeon CPU Max Series dengan codename Intel Sapphire Rapids HBM juga dibangun menggunakan chiplet atau yang disebut tile oleh Intel. Intel mengatakan Intel Xeon CPU Max Series dibangun menggunakan empat tile dan dihubungkan memakai Intel EMIB (embedded multi-die interconnect bridge). TDP-nya sendiri disebutkan sampai 350 W.