Find Us On Social Media :

Fokus Bekerja, Inilah Cara Mengaktifkan ‘Focus Assist’ pada Windows 10

By Cakrawala, Selasa, 15 November 2022 | 10:00 WIB

Agar lebih fokus bekerja, Anda bisa mengaktifkan 'Focus assist

Sebagian orang ketika melakukan pekerjaannya memanfaatkan Windows 10 tidak ingin digangu oleh berbagai notifikasi yang muncul. Pasalnya reminder, panggilan, dan sejenisnya yang tiba-tiba muncul antara lain bisa menggangu konsentrasi atau fokus mereka. Windows 10 pun memiliki fasilitas yang disebut “Focus assist” untuk membantu pengguna berfokus, misalnya ketika sedang melakukan pekerjaan memanfaatkan sistem operasi tersebut. Berikut InfoKomputer akan membagikan cara menghidupkan Focus assist pada Windows 10 agar Anda lebih fokus bekerja atau melakukan aktivitas lain. Inilah cara mengaktifkan Focus assist pada Windows 10 tersebut.

Terdapat dua opsi besar yang bisa dipilih ketika pegguna mengaktifkan Focus assist pada Windows 10. Yang pertama adalah “Priority only”, dan yang kedua adalah “Alarms only”. Mengutip penjelasan yang tersedia untuk masing-masing pada Windows 10, Priority only akan menampilkan aneka notifikasi yang masuk dalam daftar prioritas saja. Sementara, Alarms only hanya akan menampilkan para alarm. Pada cara mengaktifkan Focus assist pada Windows 10 yang dibagikan, akan ditunjukkan cara memilih opsi pertama dan juga opsi kedua.

Sebenarnya, fasilitas Focus assist sudah tersedia sejak sebelum Windows 10. Namun, namanya berbeda. Pada Windows 8.1 namanya adalah Quiet hours. Bahkan pada sejumlah versi awal Windows 10 namanya juga masih itu. Berikut adalah cara mengaktifkan Focus assist pada Windows 10 yang dimaksud.

1. Klik [Start] > [Settings] > [System] > [Focus assist].

Fokus Bekerja, Inilah Cara Mengaktifkan ‘Focus Assist’ pada Windows 10: Klik [Start] > [Settings] > [System] > [Focus assist].

2a. Klik [Priority only] bila Anda menginginkan hanya aneka notifikasi yang masuk dalam daftar prioritas yang akan muncul. Selanjutnya klik [Customize your priority list] untuk memilih notifikasi mana saja yang masuk daftar prioritas. Jika ini yang dipilih, Anda bisa melanjutkan ke langkah 3.

Fokus Bekerja, Inilah Cara Mengaktifkan ‘Focus Assist’ pada Windows 10: Klik [Priority only] bila Anda menginginkan hanya aneka notifikasi yang masuk dalam daftar prioritas yang akan muncul. Selanjutnya klik [Customize your priority list] untuk menentukan pilihannya.

2b. Klik [Alarms only] bila Anda menginginkan alarm saja yang akan muncul. Jika ini yang dipilih, Focus assist dengan opsi Alarms only sudah aktif. Anda bisa menutup jendela yang ada. Anda juga bisa melanjutkan ke langkah 5 untuk pengaturan perihal Focus assist aktif secara otomatis bila dikehendaki.

Fokus Bekerja, Inilah Cara Mengaktifkan ‘Focus Assist’ pada Windows 10: Klik [Alarms only] bila Anda menginginkan alarm saja yang akan muncul.