Find Us On Social Media :

Hadirkan Inovasi Smart City, Inilah Daftar Pemda yang Raih ISNA 2022

By Rafki Fachrizal, Jumat, 18 November 2022 | 14:00 WIB

Ajang Penghargaan ISNA 2022 yang Berlangung di ICE BSD, pada Kamis (17/11/22).

Citiasia, lembaga konsultasi yang berkomitmen mendorong pengembangan smart city di Indonesia, resmi menggelar ISNA (Indonesian Smart Nation Award) 2022 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada Kamis (17/11/2022).

ISNA sendiri merupakan ajang penghargaan bagi pemerintah daerah (pemda) kota/kabupaten di tanah air yang sudah menghadirkan inovasi smart city terbaik untuk masyarakatnya.

Ajang penghargaan ISNA diadakan oleh Citiasia Center for Smart Nation yang sebelumnya telah berhasil menggelar ISNA 2015, 2016, 2018 dan 2020 (dilaksanakan secara daring).

“Ini sudah sampai kali yang kelima ISNA dilaksanakan. Kali yang kelima kami secara konsisten mengumpulkan inovasi-inovasi, pembelajaran-pembelajaran cerdas yang baik, yang kemudian bisa kita sampaikan kepada Indonesia dan kemudian bisa menjadi pembelajaran-pembelajaran untuk kita mewujudkan smart city, smart regency, nantinya smart province, dan akhirnya menjadi smart nation,” ujar Fitrah R. Kautsar (CEO Citiasia), dalam sambutannya.

Di gelaran tahun ini, ISNA 2022 mengangkat tema “Smart City Innovation: For Post-Pandemic Economic Recovery”.

Adapun ISNA 2022 menjadi salah satu rangkaian di acara Indobuildtech Expo 2022, di mana ISNA 2022 diisi dengan sesi Talkshow dan juga Awarding.

Berbeda dengan gelaran ISNA di tahun-tahun sebelumnya, penghargaan ISNA 2022 difokuskan pada pemerintah daerah yang berhasil mengimplementasikan dua pilar utama dari smart city, yakni smart branding dan smart economy.

Untuk memilih pemda yang menjadi pemenang di ISNA 2022, Citiasia memiliki empat parameter yang menjadi acuannya.

Pertama, Pasca Implementasi, inovasi smart city yang dihadirkan pemda dilihat dari manfaat, keberlanjutan, dan akuntabilitas.

Kedua, Implementasi, melihat dari faktor pembiayaan, kemitraan/kolaborasi, dan adopsi teknologi yang diterapkan pada inovasi smart city.

Ketiga, Perencanaan, di mana inovasi smart city yang dihadirkan apakah berdasarkan kesesuaian dengan dokumen perencanaan atau tidak.

Dan terakhir, Profil Inovasi, di mana inovasi smart city yang ditelurkan pemda dilihat dari aspek kreatifitas dan keunikan.

Pemda yang Memenangkan ISNA 2022