Find Us On Social Media :

Pilih Cloud atau Mainframe? Saran IBM: Manfaatkan Dua-duanya

By Liana Threestayanti, Rabu, 23 November 2022 | 11:53 WIB

Mainframe masih menjadi bagian penting dari strategi bisnis perusahaan. Namun cloud pun dibutuhkan. Begini rekomendasi IBM. (Foto: Technology and Country Leader, IBM Indonesia)

 

Penulis: Cin Cin Go, Technology and Country Leader, IBM Indonesia

Mainframe masih menjadi bagian penting dari strategi bisnis perusahaan. Namun cloud pun dibutuhkan untuk menghadapi tantangan ekonomi global saat ini. Begini rekomendasi IBM.

Untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang sedang berlangsung saat ini, pelaku bisnis di seluruh dunia mempercepat transformasi digitalnya. Kemana saja Anda melihat, perusahaan menghadapi kebutuhan mendesak dalam hal kecepatan masuk pasar, fleksibilitas, kegesitan, dan tentu saja, inovasi berkelanjutan.

Prioritas-prioritas ini menjadi alasan perusahaan memanfaatkan cloud computing. Namun ada langkah-langkah yang perlu mereka lalui. Mereka tidak langsung melompat ke public cloud. Bisnis memiliki masalah keamanan dan gravitasi data, masalah sistem kompleks yang mahal jika harus dimigrasikan. Secara strategis, mereka memiliki kekhawatiran tentang opsi atau pilihan, tentang keterikatan (lock-in), tentang kenyataanbahwa penyedia cloud mereka adalah pesaing. Kenyataan-kenyataan ini menjelaskan mengapa tidak banyak perusahaan yang berpindah secara besar-besaran ke cloud. 

Kebutuhan unik tiap perusahaan dalam perjalanan transformasi bisnisnya memerlukan kombinasi dari beragam aplikasi dan lingkungan termasuk pusat data tradisional, edge computing, dan Software as a service (SaaS). Lalu, apa sebenarnya peran mainframe dalam infrastruktur TI saat ini?

Menurut studi IBM baru-baru ini*, sebagian besar (71%) eksekutif TI dari perusahaan ternama yang disurvei mengatakan bahwa aplikasi berbasis mainframe tidak hanya memiliki tempat di platform TI mereka saat ini, tetapi juga penting bagi strategi bisnis. 

Dalam tiga tahun, persentase organisasi yang memanfaatkan aset mainframe di lingkungan hybrid cloud diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kali lipat. Empat dari lima eksekutif mengatakan bahwa organisasi mereka harus bertransformasi dengan cepat agar memiliki daya saing kuat. Dan transformasi itu juga menckup modernisasi aplikasi berbasis mainframe dan mengadopsi pendekatan yang lebih terbuka untuk migrasi cloud.

Pendekatan hybrid cloud yang mencakup dan mengintegrasikan komputasi mainframe dapat mendorong hingga lima kali nilai platform public cloud – dan sumber nilai utama ada dalam lima kategori: peningkatan akselerasi bisnis, produktivitas pengembang, efisiensi infrastruktur, manajemen risiko dan kepatuhan, serta fleksibilitas jangka panjang.

Transformasi digital bukanlah proses “either-or” atau memilih salah satu dari dua. Di IBM, kami memandu para klien dalam perjalanan modernisasi aplikasi dengan rekomendasi utama berikut:

Baca juga: IBM Ungkapkan IBM Osprey, Prosesor Kuantum Baru dengan 433 Qubit

Pertama, adopsi pendekatan iteratif. Banyak perusahaan mengalami secara langsung kompleksitas aset TI mereka. Terus menambahkan data ke dalam vertical cloud mengakibatkan berkurangnya fleksibilitas karena proses yang terkait dengan pengembangan, operasi, dan keamanan menjadi lebih terfragmentasi dari sebelumnya – dan fragmentasi cloud menjadikan standardisasi serta skala yang dijanjikan cloud hampir mustahil untuk dicapai. 

Oleh karena itu, bagian dari rencana Anda untuk mengintegrasikan lingkungan baru dan yang sudah ada harus mempertimbangkan atribut industri dan beban kerja untuk bersama-sama membuat business case dan road map yang dirancang untuk memenuhi tujuan strategis Anda.