Find Us On Social Media :

Begini Cara Membuat Shortcut untuk Membuka Aplikasi pada Windows 10

By Cakrawala, Sabtu, 26 November 2022 | 10:00 WIB

Setelah sebelumnya berbagi aneka shortcut untuk berbagai tindakan umum pada Windows 10, kali ini InfoKomputer akan membagikan cara membuat shortcut untuk membuka aplikasi pada Windows 10.

Seperti yang InfoKomputer tulisakan di sini, berbagai hal bisa dilakukan menggunakan mouse alias tetikus pada Windows 10. Contohnya untuk menyalin suatu tulisan, mengganti nama suatu file atau berkas, dan mengunci PC atau sistem operasi. Selain menggunakan mouse untuk berbagai tindakan umum pada Windows 10 tersebut, Anda tentunya bisa menggunakan shortcut, tepatnya keyboard shortcut alias tombol pintasan kibor untuk melakukan tindakan-tindakan umum itu. Nah, bila sebelumnya InfoKomputer telah membagikan daftar berbagai shortcut untuk aneka tindakan umum pada Windows 10; kini InfoKomputer akan membagikan cara membuat shortcut, tepatnya cara membuat shortcut untuk membuka aplikasi pada Windows 10.

Cara membuat shortcut untuk membuka aplikasi pada Windows 10 yang akan dibagikan tentunya untuk aplikasi yang belum atau secara default belum memiliki shortcut untuk tindakan membukanya. Secara umum, kombinasi tombol untuk shortcut yang dimaksud adalah Ctrl + Alt + salah satu karakter yang tersedia di kibor, seperti Ctrl + Alt + D, Ctrl + Alt + C, dan Ctrl + Alt + P. Namun, Anda juga bisa menggunakan tombol fungsi, seperti F2, F4, dan F7 yang tak membutuhkan tombol lain. Begitu pula bila menggunakan tombol numpad. Mana pun yang Anda gunakan untuk membuat shortcut, sebaiknya yang familier dengan Anda. Pasalnya, kalau Anda sering lupa kombinasi tombol untuk shortcut tersebut, akan jadi kurang efisien.

Setidaknya dari percobaan yang dilakukan pada Windows 10 yang InfoKomputer gunakan, apabila menggunakan kombinasi tombol yang sama untuk lebih dari satu shortcut, Windows 10 akan menjalankan yang terakhir. Misalnya bila aplikasi A sebelumnya telah di-assign dengan Ctrl + Alt + D, kemudian aplikasi B di-assign pula dengan Ctrl + Alt + D; saat nantinya menekan Ctrl + Alt + D, yang dibuka oleh Windows 10 adalah aplikasi B. Jadi, jangan sampai Anda menggunakan kombinasi yang sama sebagai shortcut untuk lebih dari satu aplikasi. Berikut adalah cara membuat shortcut untuk membuka aplikasi pada Windows 10 yang dimaksud.

1. Klik [Start] lalu pada Start Menu yang muncul cari aplikasi yang ingin Anda bikin (keyboard) shortcut-nya.

Begini Cara Membuat Shortcut untuk Membuka Aplikasi pada Windows 10: Klik [Start] lalu cari aplikasi yang ingin Anda bikin shortcut-nya.

2a. Klik kanan pada aplikasi tersebut dan pada menu yang muncul klik [More] > [Open file location] lalu ke langkah 3. Bila pada menu yang muncul tidak terdapat "Open file location", lanjut ke langkah 2b.

Begini Cara Membuat Shortcut untuk Membuka Aplikasi pada Windows 10: Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu klik [More] > [Open file location] kemudian ke langkah 3. Bila pada menu yang muncul tidak terdapat 'Open file location', lanjut ke langkah 2b.

2b. Click and drag aplikasi tersebut ke desktop untuk membuat shortcut-nya di desktop.

Begini Cara Membuat Shortcut untuk Membuka Aplikasi pada Windows 10: Click and drag aplikasi tersebut ke desktop untuk membuat shortcut-nya di desktop.