Find Us On Social Media :

Cetak Rekor Pendapatan, Ini Kunci Sukses Cisco Raup Keuntungan

By Adam Rizal, Senin, 28 November 2022 | 09:30 WIB

Cisco

Perusahaan raksasa teknologi Cisco mencatatkan pendapatan produk USD10,3 miliar, meningkat 8 persen. Pendapatan Cisco secara keseluruhan sebesar USD13,6 miliar naik 6 persen. Sementara laba bersih sebesar USD2,7 miliar turun 10 persen.

CEO Cisco Chuck Robbins mengatakan tren peningkatan rantai pasokan terus berlanjut hingga Q1 tahun fiskal 2023 sekaligus mencetak pendapatan kuartalan terbesar dalam sejarah perusahaan.

"Banyak produk dan kebijakan Cisco yang selama beberapa kuartal mampu meringankan masalah rantai pasokan sehingga menghasilkan hasil yang positif," ujarnya.

Robbins mengatakan Cisco sukses melakukan transisi penjualan dari perangkat keras satu kali ke perangkat lunak dalam beberapa tahun terakhir. Total pendapatan perangkat lunak Cisco meningkat 5 persen dari tahun-ke-tahun dan jumlah pelanggan perangkat lunak Cisco naik 11 persen.

“Model bisnis kami tangguh dengan 43 persen pendapatan kami sekarang berulang, yang sangat penting saat kami menavigasi lingkungan makro saat ini,” kata Robbins.

Tentunya kesuksesan Cisco itu tidak terlepas dari tangan dingin Chuck Robbins yang sukses memimpin perusahaan. Apalagi kondisi perusahaan pada umumnya ini sangat sulit melihat situasi ekonomi global dan pandemi Corona. Mengakhiri tahun fiskal 2021, Cisco sukses mencetak rekor pendapatan perangkat lunak dan membuktikan Cisco menjadi salah satu penyedia perangkat lunak terbesar di dunia.

Saat ini, Robbins dan tim kepemimpinan eksekutif telah mengalihkan fokusnya ke evolusi Everything-as-a-Service, atau XaaS, perubahan model bisnis yang memberi perusahaan kebebasan untuk membeli dan menggunakan teknologi saat mereka pergi.

"Kami harus memanfaatkan peluang di sekitar Cisco Plus dan mengedukasi mitra tentang keuntungan implementasi XaaS," ucapnya.

4 Aspek Penting

Di ajang RSA Conference beberapa waktu lalu, Cisco mengumumkan rencana pegembangan Cisco Security Cloud, sebuah platform global, berbasis cloud, dan terintegrasi. 

Cisco Security Cloud disebut Cisco akan mengamankan dan menghubungkan organisasi dalam berbagai skala. Dalam keterangan persnya, Cisco menyatakan bahwa platform ini dirancang untuk menjadi platfom paling terbuka yang akan menjaga integritas dari keseluruhan ekosistem TI, tapa harus terkunci (lock-in) oleh layanan public cloud.

“Dengan kompleksitas pekerjaan hybrid, percepatan adopsi cloud yang berkelanjutan, dan lanskap ancaman yang terus berkembang, organisasi mencari mitra tepercaya untuk membantu mereka mencapai ketahanan keamanan. Kami percaya Cisco diposisikan secara unik karena skala, ragamnya solusi yang tersedia, dan model bisnis cloud-neutral untuk memenuhi kebutuhan mereka,” Jeetu Patel, Executive Vice President and General Manager of Security and Collaboration, Cisco.