Find Us On Social Media :

Ketahuilah, Ini Tanda-Tanda Kalau Akun WhatsApp Anda Dibajak

By Rafki Fachrizal, Rabu, 30 November 2022 | 17:15 WIB

Inilah Tanda-tanda Jika Akun WhatsApp Anda Kena Bajak.

Tak bisa dipungkiri, WhatsApp kini menjadi aplikasi pesan instan paling popular di seluruh dunia. Saking populernya, hampir sebagian besar pengguna smartphone di sekeliling kita menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi untuk bertukar informasi.

Dengan banyaknya jumlah pengguna WhatsApp, oknum jahat pun bermunculan lantaran melihat peluang untuk membajak akun-akun para pengguna WhatsApp untuk tujuan tertentu.

Kalau sudah begini, tentunya pengguna WhatsApp harus berhati-hati agar tidak menjadi korbannya. Pengguna WhatsApp juga bisa mengetahui tanda-tanda jika akun WhatsApp-nya dibajak.

Berikut ini beberapa tandanya. Silakan disimak!

1. Menerima OTP

OTP alias One Time Password adalah beberapa digit nomor autentikasi atau kode yang biasanya dikirimkan untuk masuk ke dalam akun digital, termasuk Whatsapp.

Di WhatsApp, kode ini akan dikirimkan saat pengguna ingin masuk ke akunnya. Kode akan dikirim ke nomor telepon yang telah didaftarkan.

Jadi jika tiba-tiba Anda mendapatkan OTP, artinya ada orang lain yang ingin memasang akun WhatsApp Anda di perangkatnya.

Abaikan saja jika mengalami hal demikian dan jangan pernah berikan kode OTP pada siapapun yang memintanya.

2. Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan Anda

Tanda lainnya jika akun WhatsApp Anda dibajak adalah jika ada pesan yang terkirim ke kontak lain tetapi Anda tidak pernah merasa mengirimkan pesan tersebut.

Segera tingkatkan kewaspadaan dan laporkan ke pihak WhatsApp jika Anda mengalami hal tersebut. Laporan bisa dilakukan dengan mengakses menu ‘Help” di aplikasi atau mengirim email ke pihak WhatsApp.

3. Pesan yang Sudah Terbaca