Find Us On Social Media :

Apple Bakal Pindahkan Produksi iPad dari Cina ke India, Ini Alasannya

By Rafki Fachrizal, Selasa, 6 Desember 2022 | 17:15 WIB

iPad Pro 2022

Setelah mengalihkan produksi iPhone dari Cina, kini tampaknya Apple bakal melakukan hal yang sama terhadap produksi iPad.

Menurut CNBC yang dilansir dari The Verge, Apple sedang mendiskusikan terkait produksi beberapa produk iPad-nya di India untuk membantu mendiversifikasi rantai pasokannya.

Kabar tersebut muncul hampir dua tahun setelah muncul laporan bahwa Apple juga mempertimbangkan untuk membuat iPad di Vietnam.

Apple melakukan ini lantaran perusahaan ingin memindahkan hingga 30 persen manufakturnya ke luar Cina.

Apple telah mencoba mendiversifikasi manufakturnya selama bertahun-tahun di tengah perang perdagangan antara Cina dan AS dan meningkatnya biaya tenaga kerja di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Apalagi, pembatasan COVID-19 baru-baru ini yang ketat juga telah memicu protes di seluruh negeri Cina yang bahkan bulan lalu memaksa Apple untuk mengurangi produksi iPhone 14 di sana, yang menyebabkan penundaan pengiriman.

Dalam rencana pemindahan proses produksi iPad dari Cina ke India, dinilai mungkin ada beberapa hambatan.

Kurangnya tenaga kerja di India yang berpengalaman dalam pembuatan perangkat yang kompleks seperti iPad dan perselisihan teritorial yang tengah berkembang antara Cina dan India merupakan contoh hambatan tersebut.

Produksi iPhone di India Diprediksi Meningkat

Awal tahun ini, Apple juga mulai memproduksi iPhone 14 di India selatan tak lama setelah diluncurkan.

Ini menandai pertama kalinya Apple mengalihkan produksi dari Cina ke India begitu cepat setelah merilis smartphone andalannya.

Para ahli memperkirakan produksi iPhone di India juga akan meningkat selama beberapa tahun ke depan, meski perlahan.

“Saya pikir dalam lima tahun, 35% [iPhone] akan diproduksi di India,” kata Gene Munster dari Loup Ventures.