Find Us On Social Media :

Tingkatkan Keamanan, Apple Luncurkan Sistem Enkripsi End to End Baru

By Adam Rizal, Jumat, 9 Desember 2022 | 15:30 WIB

Untuk menyediakan layanan iCloud, Apple sebenarnya menggunakan layanan AWS

Apple memperkenalkan sistem keamanan enkripsi end-to-end terbaru Advanced Data Protection untuk meningkatkan perlindungan terhadap data pengguna iCloud.

Sistem keamanan terbaru itu akan melindungi semua data yang ada di iCloud, termasuk pencadangan iMessage, note, dan foto.

“Advanced Data Protection adalah tingkat keamanan data cloud tertinggi Apple. Sistem itu memberikan pengguna pilihan untuk melindungi sebagian besar data iCloud yang paling sensitif dengan enkripsi end-to-end,” kata kata Ivan Krstić, kepala Teknik dan Arsitektur Keamanan Apple seperti dilansir dari Trusted Reviews.

Manfaat lainnya, fitur baru itu akan melindungi data-data pengguna iCloud dari serangan peretas. Apple mengklaim siapapun tidak akan dapat mengakses data-data iCloud termasuk Apple.

Apple menghadapi isu soal privasi pengguna dalam beberapa bulan terakhir. Prevalensi iklan yang ada di iOS menunjukkan bahwa perusahaan menjadi makin tertarik memanfaatkan data pengguna untuk membantu meningkatkan pendapatan di App Store.

Apple mengatakan fitur tersebut diluncurkan secara global pada awal 2023, tetapi akan tersedia untuk penguji beta di AS pada akhir tahun ini.

Fitur iOS Terbaru

iOS 15.2

Apple baru saja meluncurkan update minor iOS dan iPadOS 15.2.1 dengan kapasitas 970 MB.

Update itu memperbaiki aplikasi CarPlay yang mengandung bug dan juga peningkatan fitur dari iCloud.

Sebelumnya, laporan masalah Apple CarPlay sudah dilaporkan oleh beberapa pengguna aplikasi tersebut di forum-forum online. Untungnya, Apple segera melakukan perbaikan agar aplikasi itu tidak kembali mengalami gangguan bug seperti dikutip GSM Arena.

Bug pesan yang terjadi pada pengguna iCloud juga tentunya cukup mengganggu sehingga dengan pembaruan itu pengguna bisa lebih nyaman menggunakan perangkat pintar besutan Apple.