Find Us On Social Media :

Terungkap! Apple Akui Selama ini iPhone Pakai Sensor Kamera Sony

By Adam Rizal, Kamis, 15 Desember 2022 | 09:00 WIB

iPhone 14 Pro Max

Sudah tidak bisa dipungkiri, iPhone selalu menghasilkan gambar foto yang berkualitas dan detail. Baik iPhone 13 Pro Max dan iPhone 13 Pro Max selalu mendapatkan rating kualitas gambar foto terbaik menurut penilaian DxOMark.

Yang masih menjadi misteri adalah Apple tidak pernah mengungkapkan merek sensor kamera iPhone atau siapa yang membuatnya. Akhirnya, CEO Apple Tim Cook mengakui bahwa Apple menggandeng Sony selama lebih dari 10 tahun untuk produksi sensor kamera iPhone.

CEO Apple tersebut mem-posting foto CEO Sony Kenichiro Yoshida yang menunjukkan kepadanya fasilitas Sony. 

“Kami telah bermitra dengan Sony selama lebih dari satu dekade untuk menciptakan sensor kamera terdepan di dunia untuk iPhone. Terima kasih kepada Ken dan semua orang di tim yang telah menunjukkan kepada saya fasilitas mutakhir di Kumamoto hari ini,” cuit Cook tertanggal 13 Desember 2022 seperti dikutip GSM Arena.

Saat ini Sony sedang mengerjakan sensor baru yang menggunakan teknologi semikonduktor. Sensor kamera itu memungkinkan lebih banyak cahaya masuk dan mengurangi kemungkinan underexposure atau overexposure.

Perusahaan lain yang bekerja sama dengan Apple dalam memproduksi iPhone adalah Corning yang membuat lembaran kaca depan dan belakang Apple. Sementara Samsung dan LG memasok sebagian besar panel OLED. Untuk chip berasal dari pabrik TSMC.

5G Terkencang  

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Smartphone Flagship Apple iPhone 14 Pro menjadi smartphone 5G terkencang di dunia. GSMA mengungkapkan iPhone 14 Pro jadi smartphone 5G teratas di mayoritas negara.

Pengujian kecepatan data kinerja 5G dilakukan di 10 negara dengan konektivitas 5G tertinggi di dunia. Ukuran sampel minimal 100 dan dilakukan di Brasil, China, Jerman, Jepang, Filipina, Afrika Selatan, Thailand, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max adalah perangkat 5G tercepat di Amerika Serikat. Kecepatan unduh 5G tercatat 177,21 Mbps dan 175,08 Mbps. Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro mengalahkan Samsung Galaxy Z Fold4, yang mempunyai kecepatan unduh 162,50 Mbps.

Samsung Galaxy S21 Plus 5G dan Samsung Galaxy S22 Ultra melengkapi posisi lima besar dengan kecepatan unduh 140,06 Mbps dan 137,42 Mbps seperti dilansir Apple Insinder.

Di Inggris, duo iPhone model tertinggi menempati posisi kelima untuk perangkat 5G tercepat. iPhone 14 Pro Max mempunyai kecepatan unduh 5G rata-rata 171,24 Mbps, iPhone 13 Pro Max 165,49 Mbps, serta iPhone 14 Pro 158,24 Mbps.