Find Us On Social Media :

Urusan Investasi, 30% Pemimpin TI di ASEAN Masih Andalkan Spreadsheet

By Liana Threestayanti, Jumat, 16 Desember 2022 | 12:13 WIB

Keputusan investasi teknologi kini menjadi hal penting bagi korporasi. Dan 30% dari pemimpin TI di ASEAN masih andalkan spreadsheet, menurut Apptio.

Keputusan investasi terkait teknologi kini menjadi hal penting bagi korporasi seiring maraknya transformasi digital di berbagai organisasi. Ternyata 30% dari pemimpin TI di ASEAN masih andalkan spreadsheet, menurut Apptio.

Bersama penerbit Asia Tenggara AOPG, Apptio, penyedia aplikasi technology business management (TBM), merilis riset terbaru yang menguraikan  tantangan yang dihadapi oleh bisnis di kawasan ini saat menggunakan data untuk membuat keputusan investasi terkait teknologi.

Saat para pelaku bisnis sedang mencoba memahami era baru volatilitas, dari sisi operasional, mereka menghadapi banyak tantangan, di antaranya kenaikan biaya, kekurangan tenaga kerja, gangguan rantai pasokan, dan peristiwa geopolitik.

Para pemimpin bisnis dan teknologi tidak dapat memprediksi masa depan, tapi dapat mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Melalui penyelarasan organisasi yang ketat dan visi bersama, para pemimpin dapat mengarahkan ketangkasan (agility) bisnis dan bermanuver untuk memanfaatkan peluang baru dengan terus mendorong transformasi digital untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensi.

Riset terbaru Apptio menunjukkan bahwa meskipun bisnis Asia Tenggara memiliki data tentang pengeluaran dan penggunaan teknologi, mereka dapat meningkatkan cara mendapatkan insight atau wawasan dari data tersebut untuk mencapai ketangkasan bisnis yang lebih baik.

Riset yang dilakukan di Asia Tenggara menunjukkan bahwa dalam hal pelaporan keuangan TI dan penyelarasan pengeluaran TI dengan hasil bisnis, 30% pemimpin TI sampai hari ini bergantung pada spreadsheet. Sementara 44% mengandalkan kombinasi data, pemodelan (modelling), dan tool Business Intelligence (BI); dan 22% menggunakan solusi yang dikembangkan sendiri.

Tantangan Menghubungkan Pengeluaran TI dengan Business Outcome

Terlepas dari jenis tool yang digunakan pemimpin TI untuk melacak pengeluaran TI, 78% responden yakin bahwa data keuangan dan operasional memberikan visibilitas yang akurat terhadap pengeluaran untuk kebutuhan teknologi.

"Sungguh menggembirakan melihat para pemimpin TI memiliki kepercayaan pada informasi yang mereka miliki untuk pengambilan keputusan yang penting bagi bisnis. Namun, akurasi, kepekaan terhadap waktu (time sensitiveness),, dan akses otomatis ke informasi ini yang menjadi semakin penting bagi perusahaan modern yang menginginkan insight yang real time,” ujar Tarun Kumar Kalra, Regional VP Apptio untuk Asia Pasifik. 

Namun, menurutnya, perusahaan masih mengandalkan lembar spredsheet yang canggih untuk merencanakan dan melacak investasi TI dan ROI terkait. “Data masih terkurung (siloed) dan terpisah pada sebagian besar organisasi di Asia Tenggara sehingga melemahkan kolaborasi antarunit bisnis, sehingga sulit untuk memprioritaskan dan mengukur nilai investasi. Kerangka kerja (framework) yang terstandarisasi dan alat yang tepat dapat menjadi game changer untuk memberikan akses yang luas terhadap pembelanjaan TI, wawasan, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang proaktif,” Tarun menambahkan.

Anggaran TI: Operasional vs Tumbuh & Bertransformasi

Alih-alih menjadi fungsi pendukung/support, departemen TI menjadi bagian strategis dari bisnis. Namun, 56% pemimpin TI yang disurvei mengatakan bahwa mereka masih membelanjakan anggaran TI untuk "menjalankan (TI)" dan bukan untuk "bertumbuh dan bertransformasi". Agar TI menjadi mitra bisnis strategis dan mendukung inisiatif inovasi, pembuat keputusan TI perlu memiliki data yang kuat yang menghubungkan pengeluaran TI dengan hasil bisnis.