Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud: 2023, Perusahaan Manfaatkan Cloud untuk AI, Blockchain

By Liana Threestayanti, Kamis, 22 Desember 2022 | 19:00 WIB

Transformasi digital di berbagai sektor terus bergulir di tanah air. Untuk mendukung digitalisasi para pelanggannya di Indonesia di 2023, Alibaba Cloud ungkap strateginya. (Foto ki-ka: Eggy Tanuwijaya, Head of Solution Architect of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, dan Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence.

Transformasi digital di berbagai sektor terus bergulir di tanah air. Untuk mendukung digitalisasi para pelanggannya di Indonesia di 2023,  Alibaba Cloud ungkap strateginya.

Dalam acara Year-End Media Roundtable di Jakarta beberapa waktu lalu, Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, menegaskan komitmen Alibaba Cloud dalam mendukung  percepatan transformasi digital di semua sektor bisnis di Indonesia.

“Kami telah melayani pasar di Indonesia sejak 2016 dan selama enam tahun terakhir, kami telah berkomitmen di Indonesia dengan menginvestasikan lebih banyak sumber daya yag bertujuan untuk mengembangkan ekosistem mitra lokal kami, memperkenalkan produk di mana di dalam nya terdapat layanan yang modern dan canggih, menawarkan berbagai program pelatihan talenta digital, dan memberikan dukungan kepada komunitas startup dan developer,” paparnya.

Untuk  melayani pasar Indonesia, Alibaba Cloud telah menyiapkan infrastruktur berupa tiga data center dan satu  scrubbing center. Fasilitas ini melayani permintaan transformasi digital bisnis Indonesia, mulai dari pengusaha mikro, UKM, unicorn hingga perubahan skala besar, seperti Astra Financial, Adira Finance, Akulaku, Kopi Kenangan dan Garuda Indonesia.

Langkah lain yang tak kalah pentingnya adalah mengembangkan ekosistem mitra lokal melalui  kerja sama dengan para mitra teknologi yang berpengalaman, termasuk ISV dan system integrator. 

Kerja sama dengan para mitra ini tidak hanya memperluas wilayah tapi juga memperkaya ketersediaan solusi vertikal dalam rangka memfasilitasi permintaan transformasi digital pelanggan di Indonesia. Di antara para mitra Alibaba Cloud adalah AdINs (spesialis dalam sistem multi-finance), Real Data Indonesia (monitoring kinerja aplikasi seluler), Dimata Sora Jayate (ERP), Worxcode (solusi i-office), MKP (sistem pembayaran e-tiket), 3Dolphins ( Chatbots & CRM) dan Zahir (aplikasi bisnis terintegrasi).

Dukungan untuk Cetak 50k Talenta Digital

Leon juga memaparkan berbagai inisiatif Alibaba Cloud terkait peningkatan SDM di bidang digital. Sebagai informasi, selama setahun terakhir, program pelatihan digital yang digelar Alibaba Cloud telah diikuti oleh 62.000 orang, atau melampaui target 50 ribu. Berbagai program pelatihan digital ini merupakan kerja sama dengan  dengan universitas lokal, asosiasi, inkubator startup, dan komunitas pengembang.

Tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group ini bermitra dengan 10 perguruan tinggi di tanah air untuk memberikan pelatihan kepada dosen dan mahasiswa tentang cloud  computing dan AI.

Alibaba Cloud juga meluncurkan Student Ambassador Program tahun ini, yang memilih duta mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia untuk membantu mempromosikan pengetahuan tentang komputasi awan dan kecerdasan digital di antara generasi tenaga kerja berikutnya. Dua puluh duta mahasiswa (student ambassadors) dari 40 universitas terpilih untuk tahun ini, dan perusahaan berencana untuk merekrut siswa magang yang akan mendapatkan manfaat dari pembelajaran dan pengalaman langsung di lapangan selama setahun penuh pada tahun 2023.

Perusahaan juga telah mendukung program pelatihan talenta digital yang disediakan oleh KOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia) yang diikuti oleh lebih dari 2.000 siswa.

Alibaba Cloud juga telah bermitra dengan lebih dari 20 asosiasi lokal dan komunitas pengembang termasuk Indigo, Codepolitan, Cloud Computing Association (ACCI) dan Aftech di tahun ini untuk membuat pelatihan online dan lokakarya pendidikan untuk startup yang sedang naik daun, pengembang dan pengusaha pemula.