Find Us On Social Media :

Solusi Smart Home Bisa Bikin Hunian Lebih Aman Ditinggal Liburan

By Rafki Fachrizal, Senin, 26 Desember 2022 | 15:45 WIB

Smart Home

Momen pergantian tahun di tahun 2022 ini terasa berbeda dibandingkan perayaan dua (2) tahun terakhir yang terbatasi akibat pandemi Covid-19.

Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub memprediksi potensi pergerakan masyarakat bepergian pada liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru) tahun ini mencapai lebih dari 16% dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 44,17 juta orang, melonjak dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Hal ini sangat lah positif bagi sektor pariwisata yang sempat lesu dan diharapkan dapat menjadi titik balik bangkitnya sektor pariwisata.

Dan tentunya dalam menikmati kegembiraan liburan panjang Nataru ini semoga kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu insiden yang kerap terjadi setiap tahunnya adalah kebakaran rumah. Tercatat setidaknya lebih dari 1.300 kebakaran rumah di Jakarta, Makassar dan Bandung terjadi sepanjang 2022, dan mayoritas disebabkan oleh korsleting atau hubungan arus pendek.

Dalam kurun waktu 5 tahun, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyebutkan terdapat sekitar 8.004 peristiwa kebakaran di Ibu Kota.

Farhan Lucky, Distribution Business Vice President, Schneider Electric Indonesia, menyampaikan “Dengan berkembangnya teknologi smart home pada dasarnya dapat menjadi upaya preventif bagi pemilik rumah agar dapat meningalkan rumah dengan lebih tenang. Perkembangan teknologi smart home dengan pemanfaatan IoT pada peralatan listrik, perangkat elektronik dan sistem keamanan rumah memungkinkan pemilik rumah mengontrol seluruh aktivitas rumah, meningkatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan rumah dimanapun mereka berada.”

“Tidak hanya itu, teknologi smart home juga memungkinkan pemilik rumah mengontrol konsumsi listrik di rumahnya sehingga dapat menghemat biaya listrik. Dari sisi desain, perangkat smart home saat ini sudah semakin stylish dan modern sehingga juga dapat lebih mempercantik tampilan rumah,” lanjutnya.

Nah, berikut adalah beberapa teknologi smart home yang dapat menjawab kebutuhan pemilik rumah untuk melindungi keamanan dan meningkatkan kenyamanan rumah dengan sistem yang terintegrasi dan terkoneksi satu sama lain untuk memudahkan pengawasan:

RCBO Slim Domae dari Schneider Electric merupakan kombinasi/gabungan dari MCB dan ELCB yang berfungsi memproteksi terjadinya kebocoran arus listrik dan hubungan singkat sehingga secara otomatis akan memutus listrik saat terjadi korsleting.

Satu produk namun memiliki 3 fungsi yaitu mengontrol beban lebih, anti korsleting dan anti setrum. Dari sisi bentuk fisik, RCBO memiliki dimensi ukuran yang sama dengan MCB sehingga dengan mudah dapat diganti tanpa perlu membongkar instalasi listrik di rumah.

Peran saklar lampu dan stop kontak sangat lah penting dalam menghubungkan dan memutuskan aliran listrik dengan peralatan listrik, baik itu lampu hingga perangkat elektronik lainnya.

Oleh sebab itu pastikan saklar lampu dan stop kontak yang terpasang di rumah berkualitas dan dapat diandalkan sesuai standar, dan memiliki fitur-fitur tambahan lainnya yang bersifat fungsional maupun estetika.