Find Us On Social Media :

Kedepankan Tapo dan VIGI, TP-Link Angkat Dua Produk Video Surveillance

By Cakrawala, Kamis, 29 Desember 2022 | 08:00 WIB

TP-Link kembali mengedepankan submerek VIGI dan Tapo-nya di Indonesia. Bersamaan dengan itu, TP-TP-Link juga mengangkat dua produk video surveillance, yakni VIGI C540-W dan Tapo C420S2. Terlihat Aulya Elyasa (Marketing Manager TP-Link Indonesia) tatkala mulai menjelaskan mengenai submerk VIGI dan Tapo di Jakarta beberapa waktu lalu.

TP-Link pertengahan bulan Desember ini di Jakarta kembali mengedepankan submerek VIGI dan Tapo-nya di Indonesia. TP-Link menyebutkan VIGI adalah submereknya khusus untuk video surveillance — populer pula dengan sebutan CCTV (closed-circuit television), sedangkan Tapo adalah submereknya untuk smart home. Tak hanya itu, TP-Link juga memastikan bahwa VIGI ditujukan bagi pengguna bisnis, termasuk perusahaan. Adapun Tapo, sesuai peruntukannya, ditujukan bagi pengguna rumahan.

TP-Link mengeklaim dalam belasan tahun terakhir produk-produknya dipercaya oleh banyak anggota masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Alhasil; TP-Link yang selama ini bisa dibilang populer dengan produk-produk jaringan seperti wireless router dan switch; belakangan menghadirkan sejumlah submerek, termasuk VIGI dan Tapo; untuk makin bisa memenuhi kebutuhan maupun keinginan masyarakat dunia dan Indonesia yang terus berkembang.

"Nah, kenapa ada VIGI? Jadi, VIGI ini kita bikin karena kebutuhan dari small and medium business untuk berusaha mengamankan bisnisnya mereka. Karena memang tujuan dari VIGI ini adalah SMB, small and medium business," kata Aulya Elyasa (Marketing Manager TP-Link Indonesia). "Kemudian kita punya Tapo. Tapo ini produk dari TP-Link atau subbrand dari TP-Link yang memfokuskan ke smart home," sebut Aulya Elyasa lagi sembari menambahkan bahwa pasar smart home bebeberapa tahun terakhir telah bertumbuh pesat.

Memiliki semboyan "Security Never Shuts Down", TP-Link menegaskan VIGI merupakan singkatan dari "vigilance" alias kewaspadaan. TP-Link menambahkan kedua hal tersebut menunjukkan bahwa VIGI menawarkan video surveillance yang tidak pernah mati alias mendukung pengawasan keamanan sepanjang waktu atau 24/7.

Selain itu, VIGI juga diklaim memiliki tiga brand value, yakni safe, realiable, dan professional. Safe maksudnya VIGI bertujuan untuk membantu mengamankan bisnis (pengguna) karena bisa melakukan video surveillance terus-menerus, realiable maksudnya VIGI menghadirkan produk-produk yang andal karena telah melawati berbagai proses seperti aneka pengujian, serta professional merujuk pada pembuatan produk-produk VIGI yang dilakukan para profesional sehingga VIGI menawarkan berbagai produk dengan aneka teknologi terdepan.

VIGI C540-W adalah salah satu produk yang diangkat TP-Link saat kembali mengedepankan submerek Tapo dan VIGI-nya di Indonesia belum lama ini.

Sementara, Tapo, namanya disebutkan memiliki asal dari "tap all" yang menurut TP-Link artinya semua bisa dikontrol alias di-tap dari smartphone. Dengan kata lain, Tapo menawarkan produk-produk smart home yang bisa dikendalikan dari smartphone. TP-Link menambahkan bahwa Tapo diharapkan bisa membantu siapa saja untuk mengadopsi smart home.

Terdapat tiga hal yang menjadi filosofi Tapo, yakni smart, secure, dan easy. Smart alias pintar tentunya sejalan dengan peruntukannya yang smart home, secure berarti produk-produk Tapo diklaim aman, sedangkan easy maksudnya berbagai produk Tapo mudah digunakan. Seperti asal namanya, terdapat aplikasi yang disebut TP-Link Tapo yang bisa diunduh di Google Play maupun App Store untuk digunakan mengendalikan produk-produk Tapo.

Dua Produk Baru

TP-Link pun mengangkat dua produk barunya, yakni VIGI C540-W dan Tapo C420S2, pada kesempatan yang sama. C540-W merupakan IP camera yang masuk ke dalam lini network camera VIGI. VIGI menambahkan terdapat tiga jenis produk yang ditawarkannya. Ketiganya adalah network camera, NVR (network video recorder), dan NVD (network video decoder). Adapun C420S2 juga merupakan IP camera dan masuk ke dalam lini smart camera/cloud camera Tapo. Tapo sendiri menawarkan berbagai produk smart home lain, seperti smart bulb dan smart plug.