Find Us On Social Media :

Mantap! DANA Duduki Peringkat Pertama Ranking YouGov 2022 Kategori “Top Improvers”

By Rafki Fachrizal, Jumat, 30 Desember 2022 | 18:15 WIB

Ilustrasi Pengguna Aplikasi DANA.

Dompet digital DANA berhasil menduduki peringkat pertama kategori “Top Improvers” dalam Bank and Payment System Consideration Rankings 2022 oleh YouGov.

Ranking itu didasarkan pada skor positive consideration brand dari YouGov BrandIndex, yang mengukur besaran jumlah pelanggan suatu brand lembaga atau jasa keuangan yang akan mempertimbangkan menggunakan brand (merek) tersebut kembali di masa yang akan datang.

Adopsi penerimaan pembayaran digital di tengah masyarakat menunjukkan peningkatan yang signifikan dari penggunaan produk dan layanan keuangan digital.

Fintek (finansial teknologi) juga memegang peranan penting dalam memperluas akses layanan keuangan dengan memastikan teknologi keuangan dapat melayani masyarakat segmen underbanked dan unbanked.

Sementara itu, Ali Aria, Client Service Director YouGov menyampaikan “Transformasi digital Indonesia masih menunjukan kecenderungan yang terus menguat sepanjang 2022, di mana dompet digital merupakan salah satu segmen dengan pertumbuhan yang tertinggi di sektor finansial. 4 dari 5 "Top Improver" dalam Bank and Payment System Consideration ranking diisi brand-brand dompet digital dan bank digital. Hal ini menunjukan potensi pertumbuhan yang besar bagi ekosistem digital Indonesia, seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang masih terus berlanjut selepas pandemi.”

Di samping perolehan peringkat pertama kategori “Top Improvers” oleh YouGov, DANA juga mencatat angka pertumbuhan positif menjelang tutup tahun 2022.

Terdapat peningkatan rata-rata jumlah transaksi harian di aplikasi DANA sebesar 160,30% pada November 2022 (YTD) atau sejumlah 16,4 juta transaksi.

Transaksi kirim uang juga meningkat signifikan, yaitu sebesar 323,46% pada November 2022 (YTD).

Berbagai fitur DANA lainnya juga mencatatkan kenaikan yang signifikan, antara lain pembayaran QRIS sebesar 374,25%, pembayaran tagihan sebesar 172,47%, dan transaksi pembelian emas digital sebesar 262,87%.

“Peningkatan transaksi dari berbagai fitur di dompet digital DANA menunjukkan komitmen DANA untuk selalu menghadirkan pengalaman bertransaksi terbaik bagi masyarakat, dan memastikan layanan dari dompet digital DANA dapat menjadi solusi keuangan modern dalam memenuhi kebutuhan keuangan berbasis gaya hidup bagi lebih banyak lagi pengguna di seluruh Indonesia,” ujar Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia.

“Pencapaian yang diperoleh DANA pada tahun 2022 merupakan salah satu indikator meningkatnya penerimaan masyarakat terhadap transformasi digital, serta menjadi salah satu pendorong bagi DANA untuk terus berkontribusi dalam mempercepat akselerasi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia,” sambung Rangga.

Baca Juga: DANA Dukung Elektronifikasi Pembayaran Penerimaan Daerah di DIY