Find Us On Social Media :

Intel Umumkan Prosesor Core Generasi ke-13 Raptor Lake untuk Laptop

By Cakrawala, Minggu, 15 Januari 2023 | 16:00 WIB

Setelah meluncurkan Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake untuk desktop tahun lalu, Intel awal tahun ini mengumumkan yang mobile. Terdapat Intel Core Generasi ke-13 seri HX, Intel Core Generasi ke-13 seri H, Intel Core Generasi ke-13 seri P, dan Intel Core Generasi ke-13 seri U yang diumumkan. Terlihat ilustrasi dari seri HX.

Intel telah meluncurkan secara resmi Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake pada Intel Innovation 2022 yang digelar secara hibrida pada 27 dan 28 September 2022 lalu dari San Jose, Amerika Serikat. Kala itu, Intel meluncurkan prosesor Core Generasi ke-13 Raptor Lake yang ditujukan untuk desktop. Intel menyatakan varian yang untuk mobile seperti laptop dan 2 in 1 akan menyusul. Nah, awal Januari lalu, sebelum dimulainya CES 2023, Intel mengumumkan secara resmi Intel Core Generasi ke-13 yang ditujukan untuk mobile tersebut. Seperti yang desktop, Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile dengan beragam peningkatannya juga bisa menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari Intel Core Generasi ke-12 untuk mobile.

Bisa dibilang terdapat empat seri prosesor klien untuk mobile terbaru yang diumumkan, yakni Intel Core Generasi ke-13 seri HX, Intel Core Generasi ke-13 seri H, Intel Core Generasi ke-13 seri P, dan Intel Core Generasi ke-13 seri U. Dengan kata lain Intel mengumumkan Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake HX, Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake H, Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake P, dan Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake U. Namun, berdasarkan rilis resmi Intel pada situsnya, seri HX adalah termasuk seri H. Alhasil hanya terdapat tiga seri, yakni H, P, dan U.

Seri H merujuk pada base power yang paling tinggi, seri U merujuk pada base power yang paling rendah, dan seri P adalah yang memiliki base power yang berada di tengah-tengah. Intel Core Generasi ke-13 seri H memiliki base power 45 W, Intel Core Generasi ke-13 seri P memiliki base power 28 W, dan Intel Core Generasi ke-13 seri U mempunyai base power 15 W. Adapun Intel Core Generasi ke-13 seri HX yang menurut rilis termasuk Intel Core Generasi ke-13 seri H mempunyai base power yang lebih tinggi lagi. Intel Core Generasi ke-13 seri HX memiliki base power 55W. Sementara, bila pada generasi sebelumnya, tersedia Intel Core Generasi ke-12 seri U yang ber-base power 9 W — disebut ultra mobile; setidaknya sejauh ini, tidak terdapat Intel Core Generasi ke-13 seri U yang memiliki base power 9 W.

Pada Intel Core Generasi ke-13 seri HX, PCH-nya tidak terintegrasi pada paket yang sama dengan prosesor alias merupakan paket terpisah.

“Keluarga prosesor mobile Intel Core Generasi ke-13 menghantarkan performa yang scalable dan tidak tertandingi untuk para platform leadership pada seluruh segmen laptop,” ujar Michelle Johnston Holthaus (Executive Vice President dan General Manager of Client Computing Group, Intel). “Dengan aneka teknologi kami yang terdepan di industri dan ekosistem mitra global yang tidak tertandingi, masyarakat bisa mengharapkan suatu pengalaman mobile yang berkaliber tinggi dalam berbagai form factor baru dan unik sehingga mereka bisa bermain gim atau mencipatkan dari mana saja," tambahnya.

Peningkatan Lebih Beragam

Seperti yang untuk desktop, Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake untuk mobile menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk mobile yang adalah generasi sebelumnya. Namun, peningkatan yang ditawarkan lebih beragam bila dibandingkan yang ditawarkan para SKU (stock keeping unit) Intel Core Generasi ke-13 untuk desktop kala peluncuran Intel Core Generasi ke-13 untuk desktop tersebut; keenam SKU saat peluncuran Intel Core Generasi ke-13 untuk desktop menawarkan peningkatan yang lebih seragam dibandingkan para SKU Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile yang diumumkan.

Lebih beragam di sini adalah dalam artian antara SKU Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile yang satu dengan SKU Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile yang lain. Keberagaman yang dimaksud tentu dipengaruhi oleh jauh lebih banyaknya SKU yang diumumkan, begitu pula lebih banyaknya seri yang diumumkan. Ambil contoh Intel Core Generasi ke-13 seri HX. Meski sebagian besar varian prosesor pada Intel Core Generasi ke-13 seri HX menawarkan jumlah core CPU yang lebih banyak dari varian prosesor pada Intel Core Generasi ke-12 seri HX yang "digantikannya", terdapat varian yang memiliki jumlah core CPU yang sama dengan yang digantikannya tersebut.

Berbeda dengan Intel Core Generasi ke-13 seri HX, PCH pada Intel Core Generasi ke-13 seri H, P, dan U berada dalam paket yang sama dengan prosesor bukan paket terpisah.

Misalnya Intel Core i9-13900HX memiliki jumlah core CPU lebih banyak dari Intel Core i9-12900HX, tetapi Intel Core i7-13650HX memiliki jumlah core CPU yang sama dengan Intel Core i7-12650HX. Intel Core i9-13900HX mengandung P-core sebanyak delapan dan E-core sebanyak enam belas, sedangkan Intel Core i9-12900HX mengandung P-core sebanyak delapan dan E-core sebanyak delapan. Sementara, Intel Core i7-13650HX dan Intel Core i7-12650HX sama-sama mengandung P-core sebanyak enam dan E-core sebanyak delapan. Intel Core i7-13650HX bisa memberikan kinerja lebih tinggi dari Intel Core i7-12650HX berhubung mempunyai frekuensi kerja alias clock CPU lebih tinggi. Adapun sejumlah peningkatan yang ditawarkan Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake, setidaknya pada sebagian SKU, bisa dilihat di sini.

Lengkapnya mengenai SKU dari Intel Core Generasi ke-13 seri HX, Intel Core Generasi ke-13 seri H, Intel Core Generasi ke-13 seri P, dan Intel Core Generasi ke-13 seri U yang diumumkan bisa dilihat pada Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dan Tabel 4 yang terdapat pada penghujung artikel. Sementara, SKU Intel Core Generasi ke-12 seri HX saat disampaikan kehadirannya bisa dilihat di sini, SKU Intel Core Generasi ke-12 seri H saat diumumkan bisa dilihat di sini, serta SKU Intel Core Generasi ke-12 seri P dan SKU Intel Core Generasi ke-12 seri U ketika diluncurkan bisa dibaca di sini. SKU Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake untuk mobile tertinggi yang diumumkan adalah Intel Core i9-13980HX. Intel pun mengeklaim Intel Core i9-13980HX sebagai prosesor mobile tercepat di dunia.