Find Us On Social Media :

Ini Lima Cara Penjahat Siber Dapatkan Password Orang-orang di Internet

By Rafki Fachrizal, Kamis, 5 Januari 2023 | 11:15 WIB

Ilustrasi Password

Saat ini hampir semua orang sering menggunakan layanan yang ada di internet, mulai dari layanan belanja online, keuangan, ojek online, produktivitas, nonton film hingga bermain game.

Untuk mengakses berbagai layanan tersebut, biasanya akan dibutuhkan akun yang berisi username dan password.

Oleh karena itu, penting menjaga akun kita, terutama password agar tidak diketahui oleh orang lain seperti penjahat siber.

Pasalnya dengan mengetahui password Anda, penjahat siber tidak hanya dapat memperoleh akun, data, uang, dan bahkan identitas pribadi; mereka juga dapat memanfaatkan Anda sebagai rantai lemah untuk menyerang teman online, kerabat, atau bahkan perusahaan tempat Anda bekerja atau miliki.

Lalu, bagaimana caranya penjahat siber dapat mengetahui password dari akun milik seseorang? Menurut perusahaan keamanan siber Kaspersky, inilah beberapa cara yang biasa digunakan:

1. Phishing

Ini memang salah satu metode pengumpulan kredensial (seperti password) yang sebagian besar mengandalkan kesalahan manusia.

Ratusan situs phishing, dibantu oleh ribuan email yang mengarah ke sana, muncul setiap hari. Namun, jika Anda berpikir bahwa tidak akan pernah tertipu oleh phishing — Anda salah.

Metode ini hampir setua usia internet yang kita gunakan sekarang, sehingga penjahat siber memiliki banyak waktu untuk mengembangkan berbagai trik rekayasa sosial dan taktik penyamaran.

Bahkan para profesional terkadang tidak dapat membedakan email phishing dari yang asli secara sekilas.

2. Malware

Cara umum lainnya untuk mencuri kredensial Anda adalah dengan malware. Menurut statistik Kaspersky, sebagian besar malware aktif terdiri dari pencuri Trojan, yang tujuan utamanya adalah menunggu hingga pengguna masuk ke beberapa situs atau layanan, dan menyalin kata sandi mereka dan mengirimkannya kembali ke pembuatnya.

Jika tidak menggunakan solusi keamanan, Trojan dapat bersembunyi di komputer tanpa terdeteksi selama bertahun-tahun — Anda tidak akan tahu bahwa ada sesuatu yang salah, karena tidak menyebabkan kerusakan yang terlihat, cukup dengan melakukan tugasnya secara diam-diam.