Find Us On Social Media :

Pentingnya Ekosistem Terbuka di Tengah Situasi Ekonomi yang Genting

By Liana Threestayanti, Kamis, 5 Januari 2023 | 20:11 WIB

Pelajaran penting dari pandemi COVID-19 adalah kolaborasi. Dan menurut Intel, ekosistem terbuka akan membuka jalan yang lebih luas bagi kolaborasi.

Penulis: Steve Long, Corporate Vice President & General Manager, Asia Pacific & Japan, Intel Corporation

[Redaksi] Salah satu pelajaran penting dari pandemi COVID-19 adalah kolaborasi. Dan menurut Intel, ekosistem terbuka akan membuka jalan yang lebih luas bagi kolaborasi.

COVID-19 merupakan ujian bersejarah bagi kekuatan kerja sama global dalam memecahkan salah satu tantangan terbesar dalam sejarah umat manusia. 

Untuk menemukan pengobatan dalam melawan penyakit tersebut, para ilmuwan, pemerintah, universitas, dan sektor swasta di seluruh dunia memanfaatkan Frontera dari Texas Advanced Computing Center (TACC), salah satu komputer paling powerful di dunia. Computer ini memainkan peranan sentral dalam memetakan virus SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab pandemi ini, pada level molekular dan atom. 

Kerja sama dalam skala besar ini dapat dilakukan berkat adanya ribuan server, node, infrastruktur software, dan aplikasi yang bekerja bersama-sama memungkinkan para ilmuwan, peneliti, dan institusi dari seluruh dunia membagikan data dan insight secara aman. Dengan demikian, mereka dapat melakukan pengembangan berdasarkan pengetahuan dan sumber daya yang dimiliki satu sama lain guna menemukan cara mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus itu. Contoh ini menunjukkan bahwa potensi kolektif kita akan terbuka ketika kita mendorong keterbukaan, pilihan, dan kepercayaan.

Oleh karena itu, kami yakin ekosistem yang kuat dan terbuka akan selalu berjaya. Baik dalam kasus penelitian pandemi, atau inovasi teknologi. Baik ketika Anda membuat perangkat seluler atau desktop; infrastruktur di on-premise atau di cloud; atau Anda mengembangkan hardware atau software; kita harus membuat ekosistem kita terbuka.

Namun, dengan begitu banyaknya penekanan pada pentingnya ekosistem terbuka, apa sebenarnya arti ekosistem terbuka dan mengapa ia penting bagi masa depan kita?

Ekosistem terbuka: Meletakkan fondasi yang dapat diakses semua orang

Dibandingkan sebelumnya, dunia menjadi lebih labil. Oleh karena itu, ekosistem terbuka sangat penting dalam meletakkan fondasi yang memungkinkan teknologi, developer, dan organisasi yang berbeda mampu memanfaatkan, membangun penemuan, dan bekerja sama untuk mendorong inovasi. Pertukaran ini meningkatkan kemampuan kita dalam memecahkan beberapa masalah dunia yang paling mendesak, misalnya masalah perubahan iklim.

Di masa genting seperti ini, kita membutuhkan semua ide, teknologi, dan inovasi yang kita miliki untuk menghadapi badai dan tampil lebih kuat. Tetapi semua itu hanya dapat berkembang di lingkungan yang terbuka dan demokratis serta dalam komunitas yang mengedepankan dukungan dan integrasi dengan berbagai teknologi, layanan, dan platform. Mereka juga perlu mengandalkan standar yang disepakati bersama untuk mengurangi kompleksitas dan sumber daya yang diperlukan dalam mempercepat, mengintegrasikan, dan menguji dalam skala besar, agar inovasi bisa hadir di pasar dengan lebih cepat.

Software terbuka: Transparan, aman, dan mudah diakses 

Saat ini, para developer menghadapi tantangan mengembangkan beragam aplikasi yang harus bekerja di banyak arsitektur dan hardware. Misalnya aplikasi streaming musik yang harus berfungsi di smartphone, smart TV, dan tablet untuk menawarkan pengalaman yang seamless. Untuk membantu aplikasi ini melintasi berbagai antarmuka, software dan hardware stack, developer memerlukan tool yang dapat menghilangkan hambatan coding sehingga interoperabilitas di seluruh teknologi bisa bekerja. Pendekatan kami adalah mendukung open source dan membuat software kami terbuka.